oleh

Serapan Tenaga Kerja Rendah, Siap-siap Perusahaan Terancam Tak Ikut Lagi Job Fair Makassar

MAKASSAR, Terasnews.id – Niat mengentaskan masalah pengangguran dan membantu pencari kerja menemukan pekerjaan serta mendukung pertumbuhan ekonomi, begitu serius diupayakan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Makassar.

Lewat Job Fair Makassar 2023 yang akan digelar selama dua hari mulai dari 21 hingga 22 Agustus 2023, di Phinisi Point Mall, Jalan Metro Tanjung Bunga, diharapkan dapat menyerap tenaga kerja secara baik dan optimal.

Kisaran ada 500 perusahaan berpartisipasi menjadi peserta job fair dengan menawarkan 2.100 formasi pekerjaan tanpa terkecuali formasi pekerjaan buat penyandang disabilitas. Formasi yang tersedia di tahun ini pun lebih banyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, guna memastikan data serapan tenaga kerja di pameran job fair benar-benar riil dan tidak ada perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan pameran ini hanya sebagai ajang mengumpulkan data tanpa niat sejati untuk menyerap tenaga kerja, Disnaker Makassar telah menyiapkan inovasi berupa aplikasi bernama Siap Kerja.

Nantinya, aplikasi ini digunakan oleh perusahaan yang berpartisipasi dalam pameran job fair. Aplikasi Siap Kerja ini memiliki fungsi penting, yaitu untuk mendeteksi sejauh mana perusahaan-perusahaan yang mengikuti job fair dapat menyerap tenaga kerja.

Dampaknya, perusahaan yang hanya sedikit menyerap tenaga kerja dalam job fair tidak akan ikutsertakan dalam pameran job fair di masa mendatang.

Hal ini sebagai langkah evaluasi untuk memastikan bahwa pameran job fair benar-benar efektif dalam menyediakan peluang kerja bagi pencari kerja.

“Kalau misalnya, kita evaluasi lagi tahun depan. Jangan diikutkan kalau tidak bisa menyerap tenaga kerja kami. Ini kan yang selalu kami evaluasi, sehingga makin baik kedepannya,” tegas Kepala Disnaker Makassar Nielma Palamba.

Bagi Nielma, kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi terkait dengan perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam Job Fair mulai dari proses penyerapan hingga penempatan tenaga kerja.

“Apalagi adanya Aplikasi Siap Kerja, maka Disnaker Makassar berharap dapat lebih efektif dalam memonitoring penyerapan tenaga kerja dari perusahaan-perusahaan di Job Fair 2023,” imbuhnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *