oleh

Kirab Pemilu Upaya Meningkatkan Partisipasi dalam Proses Demokrasi

MAKASSAR, Terasnews.id – Dalam rangka memeriahkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Pemerintah Kota Makassar bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar telah merencanakan pelaksanaan Kirab Pemilu yang akan berlangsung di Anjungan Pantai Losari pada 20-27 Juli mendatang.

Kirab Pemilu ini akan menampilkan serangkaian kegiatan yang meliputi panggung seni, pendidikan pemilih, sosialisasi pemilu, serta gerakan aksi bersih-bersih pantai.

Acara ini melibatkan berbagai komponen masyarakat, seperti komunitas sepeda, nelayan, pemilih pemula, pemilih perempuan, dan masih banyak lagi.

Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum penting dalam sosialisasi mengenai pentingnya partisipasi dalam proses pemilu di tengah masyarakat.

Komisioner KPU Makassar Endang Sari mengatakan, Kirab Pemilu ini dilakukan dengan keliling Indonesia, dan juga melintasi Makassar selama tujuh hari pada pekan terakhir bulan ini dan diisi dengan berbagai kegiatan dan tujuan utama adalah memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pemilu kepada masyarakat.

“Hal ini sangatlah penting untuk meningkatkan kesadaran sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi,” sebut Endang usai beraudiensi dengan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di kediaman wali kota, Jalan Amirullah, Senin (03/07/2023).

Selama ini, lanjut Endang, tahapan pemilu telah berjalan lancar dan pihak KPU telah melakukan sosialisasi pendidikan pemilih dengan intensitas tinggi. Tahap selanjutnya akan menuju proses pencalonan yang lebih detail, terutama setelah melewati tahapan calon calon legislatif.

“Diperkirakan sekitar 2.000 orang akan menjadi peserta dalam kirab ini, melibatkan PPK, PPS, Sekretariat PPK-PPS, pemerintah kecamatan dan kelurahan, serta perwakilan dari RT dan RW,” terangnya.

Menyikapi itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memberikan apresiasi atas pelaksanaan Kirab Pemilu ini. Ia menyatakan bila Pemerintah Kota Makassar sangat mendukung penuh yang menjadikan Anjungan Pantai Losari sebagai pusat acara Kirab Pemilu.

“Kami dari Pemerintah Kota Makassar mendukung bila ikon Kota Makassar yaitu Anjungan Pantai Losari sebagai pusat acara Kirab Pemilu,” katanya.

Perlu diketahui, setelah Kota Makassar, kirab ini akan melanjutkan perjalanan ke kota berikutnya yaitu Surabaya. Semoga dengan adanya Kirab Pemilu ini partisipasi masyarakat dalam pemilu dapat semakin meningkat, menjadikan proses demokrasi yang berkualitas dan berintegritas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *