oleh

Terima Rombongan Wali Kota Tarakan, Fatmawati Rusdi Berikan Penjelasan Sistem Perpajakan di Kota Makassar

MAKASSAR, Terasnews.id – Sikap yang ramah dari sosok Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi, begitu sangat kental terasa saat menerima kunjungan rombongan studi tiru dari Pemerintah Kota Tarakan di Gedung Balaikota Makassar, pada Jumat (04/08/2023).

Kunjungan yang dipimpin oleh Wali Kota Tarakan Khairul telah mencerminkan tekad kuat Pemerintah Kota Tarakan, terutama Wali Kota Tarakan, untuk meningkatkan sistem perpajakan di kota tersebut.

Fatmawati Rusdi merespons kunjungan ini dengan positif dan didampingi oleh Asisten II Rusmayani Madjid, Kepala Badan Pendapatan Daerah Makassar Firman Hamid Pagarra, serta tim dari bank Sulselbar.

Dalam kesempatannya itu, Fatmawati menjelaskan bila Kota Makassar telah melakukan perbaikan berkelanjutan terhadap sistem perpajakan dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Fatmawati, langkah pertama yang diambil Pemerintah Kota Makassar adalah melakukan pendataan ulang terhadap daftar wajib pajak yang ada di Kota Makassar. Itu disebut memungkinkan pemantauan yang lebih baik terhadap wajib pajak.

Lebih dari itu, dia juga menjelaskan bahwa sistem perpajakan di Kota Makassar dikelola oleh Bapenda dan pemantauan secara online. Itu dilakukan guna memudahkan akses layanan bayar pajak daerah di Makassar.

“Selain itu, untuk memudahkan pelayanan perpajakan, Pemerintah Kota Makassar melalui Bapenda telah mengembangkan aplikasi yang bernama Pakinta atau Pajak Terintegrasi Terdigitalisasi. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah akses pembayaran pajak daerah di Makassar,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Tarakan Khairul, sangat antusias dalam mendengarkan penjelasan rinci mengenai sistem “Pakinta” ini.

Ia juga mengajukan banyak pertanyaan, salah satunya adalah bagaimana cara meminimalisir daftar wajib pajak Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang sering diabaikan oleh wajib pajak.

“Setelah beberapa jam kami berbincang dan bertanya tentang sistem. Kami tidak salah berkunjung ke Makassar untuk mempelajari sistem perpajakannya,” ungkapnya.

Khairul berjanji akan segera memperbaiki sistem perpajakan di Kota Tarakan. Ia berharap ilmu yang didapat dari kunjungannya ke Makassar akan membantu Kota Tarakan untuk terus maju dan berkembang seperti Kota Makassar.

“Ini adalah kunjungan yang sangat berharga bagi kami. Kami membawa pulang ilmu dari Makassar. Kami akan secara bertahap mengubah sistem perpajakan di sana. Semoga Kota Tarakan juga bisa semakin maju seperti Makassar,” tegas Khairul.

Kerja sama dan pertukaran informasi antar kota adalah langkah penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem pemerintahan, termasuk dalam hal perpajakan.

“Semoga kunjungan ini menjadi awal yang baik bagi perbaikan sistem perpajakan di Kota Tarakan,” imbuhnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *