oleh

Pentingnya Kolaborasi Kota untuk Membangun Indonesia yang Kuat

MAKASSAR, Terasnews.id – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI Tahun 2023 telah resmi dibuka di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Acara pembukaan berlangsung di Upperhills Convention Center pada Rabu, 12 Juli 2023.

Rakernas bertema “Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat” dihadiri oleh 88 wali kota dan pejabat pemerintahan seluruh Indonesia.

Acara pembukaan ditandai dengan penabuhan gendang oleh Sekretaris Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam, Ketua Umum APEKSI Bima Arya, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hajar Diantoro, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, serta Wali Kota Makassar selaku tuan rumah, Moh. Ramdhan Pomanto.

Dalam sambutannya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menekankan pentingnya peran kota-kota Indonesia dalam memajukan bangsa. Terlebih lagi, dari 96 wali kota anggota APEKSI, 85 wali kota akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun ini dan tahun 2024 mendatang.

“Dengan demikian, Rakernas APEKSI kali ini menjadi sangat bersejarah. Terutama karena kita saat ini berada dalam periode rotasi kepemimpinan nasional. Tentu banyak aspirasi dan inspirasi dari kota-kota yang diperlukan untuk membangun negeri dengan semangat sinergi,” ucap Danny Pomanto, panggilan akrabnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa Rakernas APEKSI merupakan platform penting bagi para pemimpin kota untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, dan mencari solusi inovatif dalam menghadapi tantangan perkotaan yang semakin kompleks.

Oleh karena itu, momentum Rakernas APEKSI juga akan melibatkan calon pemimpin Indonesia untuk memperkuat kemitraan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah ke depan, dengan tujuan mencapai kesamaan tujuan.

“APEKSI di bawah kepemimpinan Bima Arya berhasil mengundang calon pemimpin bangsa untuk berdiskusi di forum yang terhormat ini, untuk menerima gagasan dari seluruh kota. Ini adalah sejarah karena sebelum para wali kota menyelesaikan tugas, kita masih bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua APEKSI Bima Arya menyampaikan bahwa Rakernas APEKSI tidak hanya sekedar seremoni, namun juga memiliki substansi. Setidaknya, ada tiga pesan utama yang akan disampaikan pada Rakernas kali ini.

Pertama, APEKSI tetap menggalang otonomi daerah. Kedua, optimisme menghadapi Indonesia Emas 2045. Ketiga, semangat politik pembangunan yang terkoordinasi dengan baik antara pusat dan daerah, ungkap Bima Arya.

Diharapkan hasil pertemuan ini akan mendorong pembangunan kota yang lebih baik, memberikan manfaat langsung bagi masyarakat setempat, dan memperkuat posisi Indonesia sebagai negara maju dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *