oleh

Disnaker Makassar Hadirkan Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Barista

MAKASSAR, Terasnews.id – Program pelatihan dan peningkatan produktivitas sertifikasi kompetensi tenaga kerja barista untuk tahun anggaran 2023 telah resmi dimulai di Royal Bay Hotel Makassar. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari, dimulai dari 15 hingga 16 Agustus 2023.

Pelatihan dan peningkatan kompetensi tenaga kerja barista yang diselenggarakan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Makassar bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Budidaya Kopi Berkelanjutan (LSP BKB).

Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Makassar Yusri Jabir mengatakan, pelatihan sertifikasi bagi tenaga kerja barista ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan legalitas profesi para peserta.

Selain itu, kegiatan ini juga dihadirkan untuk menciptakan ketersediaan tenaga barista yang menjadi salah satu profesi penting dalam industri kopi. Mengingat bisnis kedai dan kafe kopi makin berkembang pesat di Indonesia, dan Kota Makassar khususnya.

“Dengan sertifikat yang sah, para barista akan memiliki bukti kompetensi yang diakui secara nasional, yang dapat meningkatkan daya saing mereka di tingkat lokal, nasional, bahkan internasional,” ujar Yusri Jabir.

Dia menambahkan, melalui program sertifikasi ini, diharapkan para barista di Kota Makassar benar-benar dapat meningkatkan kualitas dan kredibilitas mereka sebagai tenaga profesional di bidang kopi.

Tidak kalah pentingnya, mereka yang ikut pelatihan juga akan lebih siap untuk menghadapi persaingan di pasar kerja yang semakin kompetitif.

“Semoga program ini memberikan manfaat besar bagi para peserta dan berkontribusi terhadap kompetensi tenaga kerja barista dan perkembangan industri kopi di Kota Makassar,” tambahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *