oleh

Gerakan Gemar Makan Ikan Upaya Mewujudkan Generasi Kuat dan Atasi Stunting

MAKASSAR, Terasnews.id – Gerakan gemar makan ikan atau Gemarikan dari UPT SPF SD Negeri Garuda secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi pada Rabu (02/08/2023).

Gerakan gemar makan ikan ini ditujukan kepada 100 orang anak-anak SD kelas dua dan tiga, serta guru dan orang tua siswa. Hal ini penting karena gemar makan ikan harus dimulai dari lingkungan keluarga.

Dalam sambutannya, Fatmawati menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk menyosialisasikan betapa pentingnya mengonsumsi ikan sehingga dapat menciptakan generasi yang sehat, kuat, dan cerdas.

Lebih lagi yang diketahui bersama bila ikan adalah sumber gizi yang sangat baik, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Ikan mengandung protein yang esensial untuk pertumbuhan, serta asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat untuk perkembangan otak anak-anak.

“Dengan mengonsumsi ikan secara teratur, anak-anak dapat memperoleh nutrisi penting yang diperlukan untuk tumbuh dengan optimal,” katanya.

Selain itu, salah satu dampak positif dari mengonsumsi ikan adalah pencegahan stunting. Stunting adalah masalah serius dalam pertumbuhan anak-anak, dan dengan menerapkan Gerakan gemar makan ikan berpotensi dapat mengurangi risiko stunting.

“Nutrisi yang terkandung dalam ikan dapat membantu anak-anak tumbuh dengan baik dan mencapai potensi pertumbuhan maksimal mereka,” ujarnya.

Fatmawati juga menyebut, sebagai negara maritim, Indonesia memiliki sumber daya ikan yang melimpah, terutama di Kota Makassar. Ikan yang ada di sini segar dan mudah didapat.

“Oleh karena itu, mengintegrasikan ikan ke dalam menu keluarga adalah langkah yang sangat masuk akal,” imbuhnya.

Selain manfaat kesehatan, gerakan gemar makan ikan juga memiliki dampak positif pada ekonomi dan reformasi sosial.

Hal ini sejalan dengan Program Nasional Kementerian Kelautan dan Perikanan, Program Lorong Wisata Pemerintah Kota Makassar, serta upaya pencegahan dan penanggulangan stunting.

“Kegiatan gemar makan ikan dapat dijadikan oleh pemerintah sebagai salah satu upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi sosial melalui sektor perikanan dan kelautan. Ini adalah langkah yang cerdas untuk memanfaatkan potensi besar yang dimiliki oleh Indonesia dalam hal sumber daya ikan,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *