oleh

Wali Kota Makassar Tawarkan Proyek Japparate ke Konsul KBRI Singapura Aaron Chee

MAKASSAR, Terasnews.id – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menawarkan proyek Japparate, yakni revitalisasi Anjungan Pantai Losari sepanjang 1,6 km, kepada Aaron Chee, Konsuler Kedubes Singapura.

Pertemuan keduanya berlangsung pada Senin, 03 April 2023 di Jalan Amirullah. Danny panggilan akrab Wali Kota Makassar turut didampingi sejumlah pejabat, antara lain Kepala Dinas PM-PTSP Andi Zulkifli Nanda, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Andi Pattiware, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Denny Hidayat, dan Kepala Dinas Koperasi Kota Makassar Zulfitra Dianta.

Dalam pertemuan tersebut, Danny juga memamerkan desain proyek Japparate yang telah ditawarkan ke beberapa negara dan menarik minat dari Spanyol, Belgia, dan Korea. Pomanto menjelaskan, proyek tersebut merupakan investasi unggulan Pemkot Makassar, dan pengerjaannya tidak memerlukan reklamasi.

“Sebagai gantinya, akan dibangun jalan terapung di sepanjang Anjungan Pantai Losari,” jelas Danny.

Proyek ini dijadwalkan akan ditenderkan pada Juni 2023, dan Pemkot Makassar mengharapkan pemenangnya segera diumumkan. Studi kelayakan proyek Japparate sudah tersedia dalam anggaran Dinas Pekerjaan Umum Makassar. Selain itu, kelebihan Makassar lainnya, termasuk Pulau Lanjukang.

Sementara Kepala Dinas PM-PTSP Andi Zulkifli Nanda menjelaskan, proyek Japparate akan dilakukan melalui skema kerja sama Build, Operate and Transfer (BOT).

Ia juga mengatakan, proyek tersebut akan digarap secara kolaboratif antara pemerintah dan badan usaha, pemerintah akan menyediakan tanah yang bersertifikat sedangkan investor akan menyediakan bangunan dan perlengkapannya.

“Pemerintah dan investor akan menandatangani perjanjian kerjasama untuk kontrak 25 tahun, dan investor akan mengelola empat bagian, termasuk parkir, pejalan kaki, penyewa, dan ruang publik,” tambahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *