oleh

Tindak Lanjuti Instruksi Presiden Jokowi, Danny Ajak Warga Aktualisasi Nilai Pancasila Dikehidupan Sehari-hari

MAKASSAR, Terasnews.id – Hari Lahir Pancasila setiap tahun diperingati pada 01 Juni. Di momentum ini, bangsa Indonesia memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa. Termasuk mengenang kembali perjuangan sang Proklamator, Soekarno Hatta dalam menyampaikan gagasan mengenai dasar negara Indonesia bernama Pancasila.

Kelahiran dasar negara Pancasila ini diperingati di NTT, tempat Presiden Indonesia pertama itu merumuskan Pancasila. Peringatan dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di dampingi Ibu Negara Iriana Widodo. Nampak pula sejumlah kepala daerah se-Indonesia mengikuti rangkaian upacara secara virtual. Termasuk dengan pasangan Wali Kota Makassar dan Wakil Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi.

Kedua pasangan pemimpin Kota Makassar itu mengikuti rangkaian peringatan upacara Hari Pancasila secara virtual dari kediaman Danny, panggilan akrab Moh Ramdhan Pomanto beralamat di Jalan Amirullah, Rabu (01/06).

Seperti yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya menginstruksikan seluruh kepala daerah untuk membumikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat dan bernegara.

“Mari kita bumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Nilai-nilai Pancasila mengandung banyak arti dan menjadi dasar negara juga kekuatan dalam menghadapi tantangan dunia,” tegas Jokowi.

Menyikapi arahan tersebut, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan kepada masyarakat Makassar untuk mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila mulai dari diri sendiri. Dan memaknai nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila.

“Semua nilai Pancasila mengandung makna. Terapkan dalam diri pribadi terlebih dahulu lalu kemudian ke masyarakat. Untuk Pemerintah Kota Makassar sejumlah program Danny-Fatma menyiratkan simbol Pancasila. Jadi saya minta untuk warga Makassar mari kita bumikan Pancasila,” harapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *