oleh

Pimpin Rakor Eliminasi Tuberkulosis, Indira Jusuf Ismail Tekankan Kolaborasi Internal Pemkot Makassar

MAKASSAR, Terasnews.id – Ketua Forum Multi Sektor Percepatan Eliminasi Tuberkulosis, Indira Jusuf Ismail menekankan pentingnya koordinasi dan kolaborasi internal Pemerintah Kota Makassar untuk memberantas penyakit tuberkulosis (TB).

Hal itu disampaikan Indira Jusuf Ismail melalui Rapat Koordinasi Menuju Makassar Bebas Tuberkulosis yang digelar di Ruang Sipakatau Balaikota Makassar, Jumat (18/3/2022). Rapat dihadiri seluruh OPD lingkup Pemkot Makassar dan pihak Puskesmas.

Baca juga: Pelantikan Pengurus KONI Makassar yang Baru Diharap Fokus Pengembangan Atlet

“Kami sudah melakukan berbagai macam cara eliminasi TB tapi tetap saja kami membutuhkan koordinasi multisektoral dan tentunya paling utama kolaborasi dengan elemen yang ada di pemerintah kota agar semua bisa saling mendukung dan saling bantu,” katanya.

Menurut Indira Jusuf Ismail, edukasi mengenai indentifikasi awal TB ini secara masif dan kolektif sangat penting dilakukan. Sebab penyakit yang menyerang pernafasan ini sangat berbahaya dan tidak pandang bulu dan dapat menjangkiti siapa saja.

“Kita semua rentan loh. Makanya harus ditanamkan pada diri ta masing-masing tentang sadarnya kesehatan dan pentingnya saling mengedukasi. Sehingga tidak perlu tunggu pak asisten hadir. Cukup dimulai dari diri ta,” lanjutnya.

Dia mengaku optimis dapat membebaskan Makassar dari penyakit mematikan ini jika semua pihak dengan kesadaran penuh bekerja secara optimal dengan takaran capaian yang telah ditentukan.

“Mohon semangat dari semuanya. Kita yang hadir di sini mengedukasi masyarakat supaya tahu. Yang pertama kita ukur di lingkup pemkot dulu. Jangan sampai ada TB di sekitarta. Dan kalau kita targetkan tahun depan bisa bebas TB, yah boleh tapi kita mulai dari sekarang yang jelas semuanya terukur dibarengi kinerja yang jelas,” tutupnya.(*/CND)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar