oleh

Kecamatan Manggala Optimalkan Lorong Wisata Berbasis Aplikasi Lontara

MAKASSAR, Terasnews.id – Lorong wisata atau longwis Kecamatan Manggala sudah siap diluncurkan. Program unggulan dalam mempromosikan potensi juga keunikan lorong kepada dunia, telah mencapai persentase 100 persen. Dengan totalnya 56 lorong ingin ditampilkan.

Camat Manggala, Andi Fadli mengatakan, program inovasi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar optimis dapat sukses terlaksana. Beragam potensi keunikan dari lorong masing-masing kelurahan siap ditampilkan. Dari seni, budaya lokal hingga kulinernya, ada.

“Kami bersyukur atas semangat merawat kekompakan ini lorong wisata Kecamatan Manggala sudah siap 100 persen. Kami punya delapan kelurahan dan setiap kelurahan kelola tujuh lorong wisatanya. Jumlah lorong itu sama kecamatan lainnya. Artinya untuk sementara diberikan tujuh lorong saja,” jelas Fadli, Sabtu (02/07).

Walaupun kesiapan sudah total, sambung Fadli, tetap perlu dilakukan monitoring lorong. Sehingga lorong wisata terus optimal menuju hari peluncuran. Sementara untuk dewan lorong wisata atau D Lor, pihaknya telah membuat surat keputusan dan menyerahkan kepada dinas yang menangani itu.

“Kami sudah laporkan pada dinas mengenai kesiapan lorong wisata kami. Sudah 100 persen. Dan Surat Keputusan (SK) Dewan Lorong Wisata juga sudah kami serahkan. Tinggal memonitoring dan merawat ini semua,” tambahnya.

Bagi Fadli, program Lorong Wisata yang dihadirkan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto sangat efektif di dalam mengenalkan lorong Makassar ke dunia. Ditunjang lagi dengan metaverse yang tengah dibangun.

“Untuk pengembangan metaverse, kami mempunyai bank data berbasis internet. Di Aplikasi Lontarana Manggala, tersedia banyak kanal atau konten. Mulai dari data kependudukan, data warga miskin, data kesehatan/vaksinasi, data retribusi, data monografi, data penerima Bansos, data aset pemerintah hingga informasi dan jumlah UMKM yang ada,” terangnya. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *