oleh

European Investment dan Giz Germany Tawarkan Pemkot Wujudkan BRT “Green Financing”

MAKASSAR, Terasnews.id – Pemerintah Kota Makassar kedatangan tamu Tim European Investment Bank and Giz Germany (Felicity). Kunjungan Felicity diterima langsung Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di kediaman pribadinya di Jalan Amirullah, Rabu (18/05/2022).

Kunjungan dari Felicity ke Kota Makassar untuk membahas pembiayaan modal transportasi massal dengan konsep “green financing” serta kelanjutan setelah feasibility study BRT selesai.

Danny panggilan akrab Moh Ramdhan Pomanto menyambut baik rencana kerja sama itu dan ingin segera membuatkan MoU sebagai tanda bahwa Kota Makassar mendukung dan siap menjalankan transportasi massal dengan konsep mobil listrik.

“Membuat sebuah program BRT mirip Teman Bus. Bedanya ini hanya pakai mobil listrik atau mobil lain yang low carbon. Teman Bus diinisiasi dari pusat. Maka kita anggap BRT ini inisiasi kota karena melayani kota Makassar dulu dan Mamminasata nantinya,” ucapnya.

Keseriusan Danny menggarap BRT dengan konsep green financing ini ditandai dengan pembentukan langsung tim kerja yang terdiri dari Kepala Dinas Perhubungan, Staf Ahli, Kabag Kerjasama, Kepala Dinas Tataruang.

“Kalau secara teknik kami MoU maka kami setuju sekali. Tapi ini kan kerjasama dari luar anggarannya juga pasti masuk ke pusat jadi kami juga harus menunggu persetujuan pusat. Tetap kami menunggu juga,” katanya.

Untuk tahap awal, unitnya sendiri belum diketahui karena ada beberapa tahapan yang akan dilalui dan dipersiapkan sematang mungkin.

“Kalau Makassar tentu sudah setuju dan siap. Tapi kalau mencakup wilayah Mamminasata harus ada ijin dari provinsi dan pusat. Tapi saya akan bertemu dengan pak Gubernur Sulsel membicarakan konsep ini secara berkelanjutan,” bebernya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *