oleh

DLH Makassar Presentasi Amdal Macca

MAKASSAR, Terasnews.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar melaksanakan presentasi analisis dampak lingkungan (Amdal) terhadap tiga proyek pembangunan di Kota Makassar.

Presentasi Amdal kepada Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto yang diwakili Asisten II Pemkot Makassar, Rusmayani Madjid di Balaikota, Jumat (28/04/2023).

Salah satu presentasi Amdal tersebut merupakan proyek prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, yakni pembangunan Makassar Core City Arena (MACCA) dan Sirkuit Internasional di Kecamatan Tamalanrea.

Lalu, ada pula Amdal untuk rencana pembangunan perumahan Virginia Park dan Klaster Pelangi yang juga berlokasi di Kecamatan Biringkanaya.

Presentasi Amdal dipaparkan langsung ketiga konsultan perencana dari MACCA, perumahan Virginia Park, Kecamatan Biringkanaya dan Klaster Pelangi, Kecamatan Tamalanrea.

Di kesempatan tersebut, Rusmayani menekankan agar desain dan lokasi pembangunan MACCA tidak mengalami perubahan lagi.

“Karena kalau berubah lagi, maka kita harus bikin acara seperti ini (presentasi) lagi,” kata Rusmayani.

Selain itu, dia meminta pengembang untuk memerhatikan ruang terbuka hijau (RTH) dalam proses pembangunannya nanti. Apalagi, ada rencana pergantian mangrove pada proses pembangunan MACCA.

Sementara itu, Plt Kepala DLH Makassar, Ferdy Mochtar mengatakan, pembangunan proyek ini tentunya memiliki penguatan ekonomi.

Kendati demikian, pelaksanaan pembangunan jangan mengabaikan aspek tata ruang di Kota Makassar.

Karena itu, DLH Makassar akan konsisten terhadap detail RTH agar tidak disalahgunakan di kemudian hari.

“DLH akan melakukan peninjauan langsung. Tak ada toleransi terhadap pembangunan, Amdal harus konsisten dilaksanakan,” katanya.

Ia menambahkan, hasil presentasi ini akan disampaikan dalam waktu dekat kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk mendapat persetujuan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *