oleh

Pawai Obor Semaraki Lomba Takbir Ramadan di Makassar

MAKASSAR, Terasnews.id – Gema Takbir Tahun 2022 jadi tema yang diusung dalam pelaksanaan lomba takbiran oleh Pemerintah Kota Makassar. Kegiatan yang dibuka langsung Wali Kota Makassar dan Wakil Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi berfokus di Anjungan Pantai Losari City of Makassar, Minggu (01/05/2022).

Warga dari 15 kecamatan di Kota Makassar memadati area Anjungan Pantai Losari. Mereka membawa obor dan sambil menggemakan takbiran. Kata Danny sapaan akrab Moh Ramdhan Pomanto, ramadan tahun ini, pawai takbiran keliling memakai kendaraan mobil ditiadakan.

Sehingga takbiran yang dilaksanakan di masjid berpusat dalam Anjungan Pantai Losari dengan menggelar lomba malam takbiran.

“Gema takbir menjadi ajang bagaimana setiap kecamatan melantunkan takbiran yang paling merdu. Malam semarak yang luar biasa,” haturnya.

Sangat bersyukur tambah Danny, pemerintah daerah bisa diperkenankan oleh pemerintah pusat dalam melaksanakan takbiran dan mudik terutama daerah-daerah yang menjadi hinterland daripada wilayah sekitarnya.

Oleh karena itu pemerintah kota mengurangi selebrasi dan lebih melakukan hal yang hakiki misal, di setiap kecamatan mengikuti dan meriahkan lomba dengan merdu bertakbir bersama dengan jamaah masjid.

“Saat ini masyarakat melihat bagaimana semaraknya Kota Makassar menyambut kemenangan, menyambut kedatangan bulan syawal. Bersyukur kita bisa keluar dari pandemi, bersyukur sudah ada kelonggaran. Kita kompak bersama menghadapi kesulitan pandemi, yang dua tahun sebelumnya telah melanda dunia,” sebutnya.

Dia menuturkan pandemi sekarang melandai, memberikan pilihan untuk harus bersama-sama kompak, harus adaptif dan harus bangkit dan berjuang terutama dalam hal membangkitkan ekonomi.

“Secara perhitungan ekonomi Makassar sekarang sudah rebound, sudah di atas lima persen dan semoga menjadi bagian mengembalikan pertumbuhan ekonomi Makassar sampai 8,7 persen,” imbuhnya.

Di tempat sama, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chusaeni Patoppoi mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Makassar menggelar Gema Takbir Ramadan 2022.

“Biasanya takbir dilaksanakan dari masing-masing secara berkelompok, namun kali ini dilaksanakan bersama sehingga tidak bergerombol. Terima kasih pak walikota sehingga kegiatan ini terselenggara dengan baik,” sambut Wakapolda.

Adapun pemenang dalam lomba Gema Takbir Ramadan 2022 diraih oleh Kecamatan Panakukang dengan nilai 361, juara dua Kecamatan Manggala dengan nilai 360 dan disusul juara ke tiga kecamatan Rappocini dengan nilai 343.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *