oleh

Anugerah Parahita Ekapraya, DP3A Gelar Pelatihan Data Terpilah

MAKASSAR, Terasnews.id – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) menggelar pelatihan Penyediaan Data Gender dan Anak di Kewenangan Kabupaten/Kota, di hotel Gammara, Kamis (29/09).

Kegiatan ini digelar untuk mempersiapkan penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dikaitkan dengan Gender Budget Statmen (GBS).

Kepala Bidang Data dan Informasi DP3A, Dra. Sulfiani Karim, M.Si mengatakan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat sebagai pengakuan atas komitmen, upaya dan prestasi kementerian, lembaga serta pemerintah daerah atas pelaksanaan pembangunan yang menjamin kesetaraan dan keadilan gender.

“Dalam waktu dekat ini akan ada penilaian. Jadi kita bersiap,” ucapnya.

Katanya, perlunya pengumpulan data terpilah menurut jenis kelamin dan usia itu untuk menghasilkan data terpilah menurut gender dan dipakai sebagai perencanaan dan evaluasi.

Tak hanya itu, data terpilah juga ini sebagai panduan bagi pengelola data berkaitan dengan pelembagaan data yang responsif terhadap isu gender dan peduli anak.

Ia pun berharap melalui pelatihan ini dapat meningkatkan komitmen para pengambil keputusan terhadap pelembagaan data terpilah menurut jenis kelamin dan usia.

“Serta para penggunaannya untuk analisa gender dalam keseluruhan proses pembangunan kedepan,” pungkasnya. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *