oleh

Sambut Pembukaan Konsulat Jenderal Kroasia,Firman Pagarra : Potensi Kerja Sama Tingkatkan Pendapatan

MAKASSAR,TERASNEWS.co.id – Pemerintah Kota Makassar menyambut baik pembukaan Kantor Konsulat Jenderal (Konjen) Kroasia di Makassar. Penjabat Sekda Kota Makassar, Firman Pagarra, menyatakan bahwa hadirnya Konjen Kroasia di Makassar akan memperlebar peluang kerja sama dan investasi antara Makassar dan Kroasia.

“Dengan dibukanya Konjen Kroasia di Makassar, ini merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi kita, Pemkot Makassar,” ujar Firman di Makassar, Sabtu (8/6/2024).

Firman menambahkan bahwa kehadiran Konjen Kroasia akan memudahkan akses komunikasi antara Makassar dan Kroasia, sebuah negara maju di Eropa, sehingga membuka peluang besar untuk penjajakan kerja sama di berbagai sektor.

Beberapa sektor yang diharapkan dapat dikerjasamakan meliputi ekonomi, pendidikan, pariwisata, kesehatan, serta program Low Carbon City yang sedang diterapkan di Makassar.

“Ke depan, mungkin ada Sister City sebagai pintu masuk untuk memudahkan kerja sama dengan Kroasia,” ucap Firman, yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar.

Sementara itu, Konsulat Kehormatan Kroasia di Makassar, Munafri Arifuddin, berharap kehadiran Konjen Kroasia akan membawa banyak manfaat bagi Makassar dan Sulawesi Selatan. Menurutnya, ada banyak hal yang bisa dikerjasamakan dengan Kroasia, termasuk dalam pengembangan sumber daya manusia melalui kerja sama dengan universitas dan sektor pariwisata.

“Dengan Pak Sekda, kami berdiskusi banyak hal, dan kami juga melihat kemungkinan tindak lanjut pembicaraan terkait kerja sama Sister City karena secara tampilan kita hampir mirip. Kita sama-sama punya laut, pariwisata, dan sebagainya,” kata Munafri.

Munafri juga menekankan pentingnya menjalin kerja sama di berbagai sektor antara Makassar, Sulawesi Selatan, dan Kroasia. Ia berharap bisa menjadi jembatan yang baik dalam hubungan antara Indonesia dan Kroasia, sehingga mampu membuka peluang kerja sama dengan berbagai negara.

Acara pembukaan dihadiri oleh Dubes Kroasia untuk Indonesia Nebosja Koharovic, Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri dan Eropa Republik Kroasia Petar Mihatov, Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, serta Konsulat Jenderal Australia di Makassar Todd Dias dan Kepala Kantor Konsulat Jenderal Jepang di Makassar Ohashi Koichi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *