oleh

Zulkifli Nanda Terkesima Saksikan Kemeriahan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Anjungan Pantai Losari

MAKASSAR, Terasnews.id – Suasana dalam upacara pengibaran Bendera Merah Putih untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI di Kota Makassar begitu kental dan penuh semangat. Upacara ini diadakan di pelataran Anjungan Pantai Losari Makassar.

Upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang diadakan oleh Pemerintah Kota Makassar dihadiri oleh sejumlah tokoh penting termasuk juga Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi, Ketua TP PKK Makassar Indira Yusuf Ismail, mantan sekda, forkopimda Makassar, dan tamu undangan lainnya.

Dalam rangka peringatan Dirgahayu Republik Indonesia, Pemerintah Kota Makassar mengangkat tema khusus, yaitu “Bunga Rampai Kemerdekaan Dari Makassar Untuk Indonesia.”

Tema ini sejalan dengan tema kemerdekaan RI secara umum, yaitu “Melaju Untuk Indonesia Maju.”

Konsep Bunga Rampai Kemerdekaan tahun ini sangat istimewa karena dihadirkan khusus dari Makassar untuk seluruh Indonesia.

Bunga rampai yang harum semerbak ini menjadi simbol dari tujuan pembangunan dengan pembentangan 78 bendera oleh Satpol PP, BPBD Kota Makassar, dan Dinas Damkar Kota Makassar.

Pembentangan ini memiliki makna yang mendalam. Bunga Rampai sebagai simbol Kemerdekaan mengandung tiga makna penting. Pertama, “Akar” yang ada di darat, dimaknai dengan 78 bendera masing-masing sepanjang 35 meter, melambangkan akar perjuangan para pahlawan bangsa selama 78 tahun.

Kedua, “Batang” yang ada di laut, dimaknai dengan dua batang bendera sepanjang 78 meter, melambangkan Pancasila dan UUD 1945 yang telah menjadi ideologi dan dasar negara kita selama 78 tahun sejak Indonesia merdeka.

Ketiga, “Bunga” yang melambangkan kebahagiaan yang sedang dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia hingga saat ini. Bunga-bunga ini berasal dari lima sila-sila Pancasila yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang sangat disegani di seluruh dunia, dengan rakyat yang semakin makmur.

Suasana haru dari Bunga Rampai ini langsung dirasakan oleh hadirin yang memadati lokasi Anjungan Losari Kota Makassar. Termasuk Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Makassar, Andi Zulkifli Nanda.

Bagi Andi Zulkifli Nanda, upacara ini adalah momen penting untuk merayakan perjuangan dan kemerdekaan Indonesia, serta mengingatkan akan nilai-nilai luhur yang telah membimbing bangsa ini selama 78 tahun dalam membangun negara yang kuat dan maju.

“Apalagi dengan tema Bunga Rampai dari Makassar untuk Indonesia menggambarkan semangat dan harapan yang terus hidup dalam jiwa seluruh rakyat Indonesia,” sebutnya.

Sebelumnya, pada kesempatan itu, Danny panggilan akrab Wali Kota Makassar turut menyampaikan beberapa program strategis kota Makassar yang menjadi jawaban dari problematika dunia.

Seperti, Lorong Wisata, Jagai Anakta, Perkuatan keimanan ummat, Sombere and Smart City serta masih banyak inovasi-inovasi yang diinisiasinya untuk mewujudkan percepatan Makassar kota dunia yang Sombere Dan Smart City dengan imunitas kuat untuk Semua.

“Saya juga menyampaikan kepada berbagai pihak yang hingga saat ini saling bahu membahu membangun Kota Makassar dengan tumbuh sangat baik. Sehingga menjadi percontohan dari berbagai daerah,” sebutnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *