Pol-PP Amankan Tiga Pasangan Tanpa Surat Nikah

Terasnews - November 22, 2020
Pol-PP Amankan Tiga Pasangan Tanpa Surat Nikah
 - (Terasnews)
Editor

Lahat, terasnews.id – Tim gabungan antara Sat Pol-PP, Satresnarkoba Polres Lahat, Subdenpom, dan Provost Kodim 0405 Lahat, kembali melaksanakan giat razia disejumlah Hotel, Losmen, dan Penginapan yang ada di Kabupaten Lahat.

Alhasil operasi gabungan yang dipimpin Kasat Pol-PP Fauzan Khoiri Denin AP MM tersebut, berhasil menjaring belasan warga Kabupaten Lahat, dan tiga diantara pasangan didapati tak mengantongi surat nikah, sehingga, kesemuanya digelandang ke Mabes Sat Pol-PP Pemkab Lahat.

Untuk personil yang terlibat dalam operasi gabungan penertipan (Gabtib) tersebut, dari Satuan Pol-PP sebanyak 21 orang, Satresnarkoba Polres Lahat 12 orang, anggota POM Lahat 2 orang, dan 2 orang anggota dari Provost Kodim 0405 Lahat, jadi total seluruhnya ada 36 orang.

“Dari razia yang kita gelar tadi malam dari dilaksanakan sejak pukul 21.00 WIB sampai dengan 01.15 WIB, kita mengamankan 11 orang. 3 Pasang diantaranya tidak ada surat nikah, dan 7 orang lainnya tidak membawa kartu tanda penduduk (KTP),” ungkap Kasat Pol-PP Linmas dan Damkar Pemkab Lahat Fauzan Khoiri Denin AP MM, pada Ahad (22/11/2020)

Razia yang dilaksanakan kali ini, dijelaskan Fauzan, menyisir kelima titik lokasi hotel yakni, Sigma 1, Sigma 2, Losmen Simpang baru, Simpang lama, dan Wisma 17 yang ada di Kecamatan Kota, Kabupaten Lahat. Menurutnya, untuk ke-11 warga tujuh orang tanpa ada kartu tanda penduduk (KTP), lalu, tiga pasang lainnya tidak bisa menunjukkan bukti surat nikah. Selanjutnya, mereka diamankan guna diberikan pembinaan sosial dan keagamaan, serta membuat surat pernyataan atau perjanjian.

“Intinya, mereka kita berikan pembinaan sosial dan keagamaan. Serta membuat surat pernyataan atau perjanjian tidak menggulangi lagi diatas materai dan kami persilakan pulan apabila orang tua (Ortu) atau saksi dari keluarga datang dan menjamin,” tambahnya.

Kesebelas orang yang diangkut dari operasi gabungan itu, kata Fauzan, tiga orang laki laki, dan delapan perempuan. Tiga pasang tidak memiliki surat nikah. Selanjutnya, mereka dibawa ke Mabes Pol-PP di Kelurahan Pagar Agung Lahat, untuk dilakukan pendataan, membuat pernyataan perjanjian untuk tidak mengulangi dan pembinaan sosial serta keagamaan.

“Kami himbau kepada seluruh masyarakat agar, selalu membawa identitas dan yang kedua kalau kalian pasangan sah harusnya ada bukti otentik baik itu dalam fotocopy dan  foto di HP. Selanjutnya mereka akan diserahkan kepada bagian penindakan di Pol PP,” tambah Fauzan. Terpisah, Kasat Narkoba Polres Lahat AKP Zulfikar SH MH dibincangi mengaku, dalam operasi gabungan tersebut Satresnarkoba sifatnya hanya membeck-up kalau ditemukan pelanggaran Narkoba.

“12 anggota Satresnarkoba Polres Lahat ikut membeck-up. Saat itu kami lagi ada giat dan ketemu, sehingga, kita bergabung dan dari lima titik lokasi losmen maupun penginapan yang kita sambangi tidak ditemukan adanya pelanggaran Narkoba,” ucap Zulfikar. Seraya menambahkan, berbeda dengan Minggu lalu, razia langsung test urine. (Din)

 

Tinggalkan Komentar