OKUSelatan-Muratara Terbanyak Belum Rekam E-KTP

Terasnews - November 20, 2020
OKUSelatan-Muratara Terbanyak Belum Rekam E-KTP
 - (Terasnews)
Editor

Palembang, terasnews.id – Secara nasional, per-18 November 2020 jumlah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada yang belum melakukan perekaman E-KTP sebanyak 1.052.010 jiwa atau tersisa 1,05 persen. Termasuk di Sumsel.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadisdukcapil Sumsel, Pu’adi,S.Pd mengatakan, khusus untuk tujuh daerah yang melaksanakan Pilkada, dua daerah terbanyak calon pemilih yang sudah terdaftar di DPT namun belum melakukan perekaman yakni OKU Selatan dan Muratara.

“Di luar idaerah yang menggelar Pilkada ada Kabupaten Empat Lawang. Yang masih cukup banyak warganya belum melakukan perekaman E-KTP akibat kerusakan server karena seringkali terjadinya pemadaman aliran listrik disana,” kata Pu’adi., Jum’at (20/11/2020).

Mengenai seberapa banyak lagi calon pemilih di tujuh daerah yang menggelar Pilkada yang belum melakukan perekaman E-KTP, Pu’adi mengacu untuk angka resminya belum ada.

“Nanti datanya akan terlebih dulu kami sampaikan di rapat virtual bersama Dirjen Dukcapil Kemendagri. Dua kali seminggu kami menggelr rapat bersama Pak Dirjen untuk melaporkan progres perekaman E-KTP khususnya untuk daerah yang menggelar Pilkada,” katanya.

Di kesempatan itu, selain melaksanakan sistem jemput bola dan door to door dalam melaksanakan perekaman yang bekerjasama dengan KPU, Mendagri Prof HM Tito Karnavian,Ph.D juga telah mengustruksikan pada hari pencoblosan 9 Desember mendatang kantor Dukcapil harus tetap buka dan melayani keperluan dari calon pemilih. “Diluar waktu itu juga Mendagri telah menginstruksikan agar Dukcapil tetap operasional. Bagi Dukcapil yang dinilai aktif memberikan pelayanan di hari libur bakal diganjar dengan penghargaan dari Mendagri

Sebelumnya, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh menginformasikan dalam rezim Pilkada ini, yang lebih penting lagi adalah sesuai dengan Pasal 57 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang mengatur tentang Pilkada, semua warga negara Indonesia yang sudah tercantum dalam DPT (daftar pemilih tetap) pilkada, dapat mencoblos pada hari H tgl 9 Des 2020.

Dalam Pasal yang sama juga diatur KTP el sebagai penyelamat bagi yang belum terdaftar dalam DPT, dapat menggunakan hak pilih dengan menunjukkan KTP-el kepada petugas pada hari H pemungutan suara di TPS, meski tidak terdaftar sebagai Pemilih. Dirjen Zudan pula menyebutkan Dinas Dukcapil kabupaten/kota akan tetap melakukan pelayanan pada hari H Pilkada sebagai sarana untuk konfirmasi dan pelayanan Adminduk.(udy)

 

 

Tinggalkan Komentar

PENGUNJUNG

  • 1
  • 1,799
  • 110
  • 7,502
  • 28,439
  • 45,506
  • 45,506
  • 4,553
  • 16


ARZIP