Wagub DKI Lepas 5.000 Pemudik Bareng BPJS

Jakarta, terasnews.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno secara simbolis melepas 5.000 pemudik wilayah DKI Jakarta yang tergabung dalam peserta “Mudik Bersama BPJS Tenaga Kerja 2018” dengan menggunakan 125 bus, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan jajaran terkait lainnya berkolaborasi mendukung kegiatan yang diinisiasi BPJS Kanwil DKI Jakarta.
Sandiaga menyampaikan apresiasinya kepada BPJS Ketenagakerjaan yang telah memberikan kemudahan dan kebahagiaan kepada masyarakat Jakarta, khususnya tenaga kerja di wilayah DKI Jakarta yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, untuk melaksanakan kegiatan “Mudik Bersama Tahun 2018”.
Dishub DKI Jakarta telah melakukan rekayasa lalu lintas untuk keberangkatan 125 bus di sejumlah titik serta memastikan bus-bus tersebut dalam kondisi baik dan  layak jalan.

“Saya memberikan apresiasi untuk BPJS Ketenagakerjaan dan seluruh jajarannya. Kami Pemprov DKI bersama dengan (wali kota) juga dinas-dinas terkait. ‘Make sure safety first’ (dan pastikan, red.) Pak Kadishub mereka (pengemudi, red.) kesehatannya baik. Cek kesehatan, puskesmas di DKI sudah diberikan layanan cek kesehatan gratis, bukan hanya untuk pengemudi tapi juga untuk pemudik,” kata Sandiaga.
Dia berharap para pemudik dan para koordinator lapangan, menjadikan sarana mudik itu untuk silaturahim, memperpanjang rezeki, umur, dan kesehatan.
“Kegiatan mudik ini juga menjadi kegiatan berbagi yang bukan saja bisa meningkatkan keselamatan perjalanan pulang para pemudik tetapi juga dapat menciptakan manfaat dan berbagi rezeki di daerah masing-masing,” kata dia.
Mudik, katnaya, juga menumbuhkan ekonomi dan mengurangi kesenjangan ibu kota dan daerah-daerah lainnya, seperti di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan seluruh Indonesia.
Hal itu, juga diyakini dapat membantu menurunkan arus urbanisasi ke Jakarta.
Pemprov DKI Jakarta pada tahun depan akan merealisasikan rencana penyediaan żMudik Bersamaż untuk warga di wilayah DKI Jakarta, yang akan difasilitasi oleh Pemprov DKI Jakarta dan diberikan cuma-cuma untuk warga Jakarta.

 “Kita tahun ke tahun tidak ada program untuk mudik bareng khusus yang dilakukan oleh Pemprov DKI. Paling tidak, tahun depan 100 bus dulu bagi sekitar 5.000 peserta. Saya setujui tadi, Pak Gubernur juga udah setujui dan tahun depan juga menambah kapasitas mudik gratis bagi para pekerja yang ada,” kata Sandiaga.
Ia mengatakan mudik bareng menurunkan biaya transportasi dan akan menggerakkan ekonomi.
“Insya Allah kita akan memulai layanan mudik tahap awal dan mudik gratis dan kita akan jadikan ini tradisi ke depan,” kata Sandiaga.
Peserta “Mudik Bersama BPJS Tenaga Kerja 2018” dengan 10.000 orang diberangkatkan serentak di enam titik pemberangkatan, yaitu Jakarta, Tangerang Selatan, Cikarang, Karawang, Purwakarta, dan Bekasi dengan daerah tujuan ke wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, dan Lampung.
Kegiatan itu, rutin tahunan dilaksanakan BPJS Ketenagakerjaan. Turut hadir dalam kesempatan itu, antara lain Direktur Kepesertaan BPJS E. Ilyas Lubis dan Direktur Utama BPJS Kanwil DKI Jakarta Ahmad Hafidz.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × four =