Tuntut Pilkada Ulang, Garda API Geruduk KPU Palembang

Palembang , terasnews.id – Puluhan massa dari yang tergabung dalam Garda Api melakukan aksi demo di Kantor KPU Palembang.Mereka menuntut KPU Palembang agar menggelar Pilkada Ulang.  Massa hanya berorasi di jalan masuk Kantor KPU, Palembang lantaran jalan masuk ke KPU sejak rekapitulasi suara kemarin dihalau kawat berduri dengan penjagaan aparat TNI-Polri.

Koordinator Aksi, Yan Hariranto mengatakan, pihaknya menolak hasil pilkada Palembang lantaran ditemukannya banyak pelanggaran -pelanggaran diantaranya Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda yang mencapai 278.321 mata pilih.

Selain itu,  pihaknya juga menduga adanya keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) oleh oknum tertentu serta adanya praktik money politic. “Kami menduga adanya pengkondisian aparatur perangkat desa yang terstruktur dan masiv,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Yan,  pihaknya menuntut digelarnya pilkada ulang.

“Kenapa saya menyampaikan aspirasi ke KPU, karena saya rasa KPU masih netral. Dan tim advokasi juga telah melaporkan ke Panwaslu,” tandasnya.

Sementara itu Komisioner KPU Palembang, Firamon Syakti mengungkapkan,  pihaknya menerima aspirasi yang disampaikan massa. Namun dia menyarankan agar massa menyampaikan temuan temuan pelanggaran kepada pihak yang berwenang sesuai aturan negara republik Indonesia. “Silahkan sampaikan temuannya ke pihak berwenang, ” pungkasnya.  (yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + three =