Timsel Pastikan Pilih Calon Komisioner KPU Kompeten

Yogyakarta, terasnews.id – Tim Seleksi komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan akan melakukan seleksi secara transparan dan akuntabel untuk memilih calon komisioner KPU yang kompeten melakukan tugas selama lima tahun ke depan.
“Seleksi akan dilakukan dalam lima tahap. Tujuan kami adalah memilih lima anggota komisioner KPU DIY yang kredibel, kompeten, dan berintegritas,” kata Ketua Tim Seleksi (Timsel) KPU DIY Asep Purnama Bahtiar di Yogyakarta, Jumat.
Menurut dia, komisioner yang kompeten dan berintegritas sangat penting karena tugas yang akan mereka emban dari 2018 hingga 2023 cukup berat, di antaranya pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 yang akan digelar dalam waktu bersamaan.
“Komisiner yang duduk di KPU DIY harus memiliki kemampuan terkait tata negara, dinamika demokrasi hingga persoalaan hukum,” katanya.

Proses seleksi komisioner KPU DIY akan diawali dengan pendaftaran pada 16-24 Mei sekaligus proses seleksi administrasi yang akan dilakukan pada 17-30 Mei. Calon komisioner bisa langsung mengantar berkas pendaftaran ke Sekretariat Tim Seleksi KPU DIY yang ada di Taman Siswa Business Center di Jalan Taman Siswa Yogyakarta nomor 160 Yogyakarta atau dikirim melalui jasa pengiriman.
Jika dinyatakan lolos seleksi administrasi, calon bisa mengikuti tahap seleksi tertulis yang dilakukan 6 Juni, dilanjutkan tes psikologi pada 7-11 Juni bagi pendaftar yang lolos seleksi tertulis.
Jika lolos tes psikologi, pendaftar bisa mengikuti tes kesehatan pada 19-25 Juni di RS Dr Sardjito dan jika lolos bisa mengikuti tes wawancara pada 27 Juni – 3 Juli.
Ia menegaskan, bahwa seluruh proses pendaftaran komisioner KPU DIY tersebut tidak dipungut biaya apapun, sehingga jika ada pihak tidak bertanggung jawab yang menawarkan jasa atau hal lain, maka hal tersebut dipastikan tidak benar.

“Kami tidak menargetkan jumlah pendaftar tetapi yang kami inginkan adalah memperoleh calon komisioner yang kompeten dan berintegritas,” katanya yang menyebut usia minimum pendaftar adalah 35 tahun tanpa batas maksimal usia.
Komisiner KPU DIY, lanjut dia, juga bisa mendaftar asalkan belum menduduki jabatan yang sama selama dua periode. “Anggota komisioner KPU di kabupaten/kota di DIY juga bisa mendaftar. Tetapi, kami tetap akan melakukan proses seleksi yang sama dengan calon lain,” katanya.
Keanggotaan perempuan yang akan duduk sebagai komisioner KPU DIY, lanjut dia, juga akan tetap dipertimbangkan yaitu minimal 30 persen.
Sementara itu, Anggota Tim Seleksi Komisioner KPU DIY Norma Sari berharap pada partisipasi masyarakat untuk memberikan masukan mengenai rekam jejak seluruh calon komisioner.
“Tanggapan atau masukan dari masyarakat itu sangat penting bagi kami saat melakukan klarifikasi ke pendaftar. Harapannya, integritas dan kompetensi komisioner benar-benar dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 11 =