Tepian Bukit Telunjuk Diserbu Wisatawan

Lahat –terasnews.id— Liburan akhir pekan pasca hari raya Idul Adha 1437 H tahub 2017 banyak dimanfaat kan masyarakat lokal dan luar daerah untuk mengunjungi lokasi wisata alam tepian Bukit Tunjuk (Pelancu-red) didesa Ulak Pandan kecamatan Merapi Barat.

Tingginya antusian masyarakat yang menikmati pelancu membuat Pemkab Lahat dan Pemerintahan Desa (Pemdes), setempat optimis bisa menjadi sektor peningkatan perekonomian masyarakat kedepan.

Kades Ulak Pandan Susiawan Rama mengatakan, sarana rekreasi Pelancu merupakan karya dari anggota karang taruna dimana dengan memanfaatkan Buktit Tunjuk dan aliran sungai lematang sebagai Bayground. Saat ini pengerjaan Pelancu belum rampung seratus persen namun respon masyarakat cukup tinggi dengan banyak nya wisatawan yang datang untuk berlibur dan berphoto bersama.

“Pembangunannya secara gotong royong dengan harapan dapat menjadi salah satu sumber pendapatan bagi desa dan daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakar setempat,” katanya Sabtu (3/9), kemarin.

Dijelaskan Kades, sejaka pertama kali dibuka geliat perekonomian sudah mulai tumbuh dimana tidak sedikit masyarakat yang beralih profesi dengan membuka usaha manisan serta parkir kendaraan roda Dua dan Empat dipekarangan rumah pribadi.

“Saat ini berkebun sudah tidak lagi menjanjikan karena banyak lahan persawahan yang rusak karena tambang Batubara jadi warga desa bisa membuka usaha disekitar lokasi untuk membantu perekonomian dirumah,”imbuhnya.

Bahkan, katanya, saat ini Pemdes Ulak pandan sangat terbuka bagi pihak manapun yang mau bekerjasama untuk membangun Pelancu agar menjadi lebih menarik. Apalagi, anggaran yang dibutuhkan sangat tidak sedikit agar taman rekreasi yang ada bisa bersaing dengan taman yang ada didaerah lain.

“Jika hari libur seperti saat ini, pengunjungnya sangat ramai. Alhamdulilah tidak sedikit warga yang melintas terpaksa mampir meskipun hanya untuk photo Selfie dan beristirahat sejenak,”jelasnya.

Rahmah (23) salah satu pengunjung mengatakan, tertarik berekreasi dipelancu karena sebelumnya hanya melihat diMedsos atau Facebook namun ternyat panorama alam yang dihadirkan sangat menghibur dan bisa menjadi sarana rekreasi baru bersama teman dan keluarga.

“Awalnya hanya penasaran, setelah datang langsung ternyata benar Pelancu sangat indah dan memberikan hiburan tersendiri bagi yang bisa datang langsung,” ungkap Rahmah. (Din)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 4 =