Tarung Derajat – Atlet Tarung Derajat Aceh Besar Try Out

    Aceh Besar, terasnews.id – Para atlet tarung derajat Kabupaten Aceh Besar yang dipersiapkan ke Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII/2018 melakukan serangkaian try out (uji coba) dengan petarung dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Utara.
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Besar, Ridwal Jamil di Sekretariat Pnitia Pusat PORA di Ingin Jaya, Jumat menyatakan, tim berkekuatan 22 atlet tersebut bertolak ke Sumut, Kamis (12/7).
Ridwan Jamil mengatakan, try-out merupakan suatu program dari pembinaan peningkatan prestasi atlet Aceh Besar yang dipersiapkan ke PORA.
Ia berharap para atlet olahraga beladiri tarung derajat yang mengikuti ujicoba ke Sumatera Utara dapat meningkatkan kemampuan, sehingga mampu berprestasi meraih medali di PORA yang akan digelar 18 – 25 November di Aceh Besar.
“Kita sebagai tuan rumah PORA bertekad tidak hanya sukses sebagai penyelenggara, juga bisa juara umum,” tegas Ridwan yang didampingi Sekretaris PP PORA, T Dasya.
Dalam kesempatan sama, Ketua Umum Pengurus Kabupaten (Pengkab) Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Ilyas Ramli kepada wartawan menjelaskan, try out atlet ke-Sumatera Utara sebagai persiapan ke PORA, selama empat hari (14 – 15 Juli).
Ilyas menyebutkan,  pada tour ujicoba tersebut membawa 22 atlet putra-putri. “Para atlet yang kita bawa yaitu Rahmadi, Heru,  Riski,  Laila, Nanda, Dibra, Wana, Rian, Junaidi, Helmi, Yuni, Sulis, Aroul, Tari, Laila, Sofia, Kamal, Destri,  Agus dan Haikal,” sebutnya.
“Para atlet kita akan melakukan pertarungan ujicoba dengan atlet tarung derajat Sumatera Utara di gelanggang olahraga Universitas Negeri Medan (Unimed),” jelasnya lagi.
Katanya, laga dengan atlet Sumatera Utara, para atlet Aceh Besar akan turun di kelas 58 – 61 kilogram, 61 – 66 Kg,  66 – 71 Kg, kelas 71 – 76 Kg dan nomor seni gerak. “Target kita bisa memenangkan semua kelas,” ucapnya.
Kecuali itu, sebutnya, para petarung putra-putri Aceh Besar ini juga akan melakukan pertandingan dengan atlet dari sejumlah kabupaten/kota di provinsi tersebut.
Ia menjelaskan, para atlet sudah dipersiapkan sejak setahun lalu, yakni 15 putra dan 12 putri.
“Atlet selama ini menjalani pembinaan melalui latihan rutin lima kali seminggu yang ditangani pelatih utama Nahida, dan dibantu pelatih dari satuan latihan (Satlat),” sebutnya.
Disebutkannya, setelah ke Sumatera Utara, para atlet melanjutkan ujicoba yakni mengikuti even di Aceh Tengah dan Aceh Utara.
Katanya, melalui try out ini akan memotivasi atlet meningkatkan kemampuan, sehingga bisa berprestasi meraih medali di PORA nanti.
“Target kita meraih juara umum yang diraih di PORA XII/2014 di Aceh Timur,” tegasnya.
Sebutnya, pada PORA XII/2014 di Aceh Timur, Tim Tarung Derajat Aceh Besar berada di peringkat kedua dengan meraih empat medali emas. Sama dengan peringkat satu meraih empat emas, cuma unggul 1 perunggu.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 4 =