Satlantas Singkawang Gelar Sidang Tilang Di Tempat

Pontianak, terasnews.id – Satuan Lantas Polres Singkawang melakukan sidang tilang di Jembatan Timbang, Jl Raya Sakok, Kecamatan Singkawang Selatan dalam Operasi Patuh Kapuas 2018.
Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Dwi Dio Priyantoro di Singkawang Jumat mengatakan, pelaksanaan sidang tilang di tempat bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang cepat dan praktis.
“Artinya pelanggar saat itu bisa langsung merespon tanpa harus menunggu lama dan merasa repot harus datang ke kantor Pengadilan untuk mengikuti sidang sesuai jadwal, tapi bisa langsung membayar denda tilang dan pulang membawa barang miliknya yang telah dijadikan jaminan,” katanya.
Selain itu, kegiatan ini juga merupakan penjabaran perintah dari Korlantas melalui Dirlantas Polda Kalbar. Dimana satuan tingkat Polres diperintahkan untuk melaksanakan kegiatan tilang sidang di tempat minimal dua kali selama berlangsungnya kegiatan Operasi Patuh 2018.
Meskipun pelaksanaan tilang sidang di tempat dirasakan sangat cepat, terbuka dan transparan, namun diharapkan agar masyarakat selaku pengguna jalan selalu mentaati aturan berlalu lintas, supaya tidak ada lagi yang ditindak dan diberikan tilang serta membayar denda.

“Uangnya lebih baik digunakan untuk keperluan yang lain,” ujarnya.
Kegiatan ini, katanya, melibatkan unsur dari POM TNI, Forum Lalu Lintas Kota Singkawang dan sidang dipimpin oleh Hakim Satriadi, SH dan Jaksa Dian Nurmawati Hadijah.
Dia mengungkapkan, selama kegiatan tilang di tempat berlangsung telah menjaring sebanyak 23 pelanggar.
“Mekanismenya pelanggar yang sudah ditilang langsung menghadap hakim di tempat yang sudah digelar. Layaknya di ruang sidang Pengadilan,pelanggar langsung menghadap hakim yang menggunakan seragam, kemudian hakim memutus besaran denda tilang yang harus dibayar,” ungkapnya.
Kemudian, di sebelah hakim juga sudah ada Jaksa yang bertindak sebagai eksekutor putusan pengadilan sidang di tempat tersebut.
Setelah pengendara membayar denda tilang yang sudah divonis hakim, pelanggar bisa langsung pulang membawa barang bukti yang dijadikan jaminan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =