Satelit Deteksi 11 Titik Panas Di Aceh

Banda Aceh, terasnews.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat menyebutkan, sensor modis yang terpasang pada satelit mendeteksi 11 titik panas berada di Provinsi Aceh.
“Pagi ini, kembali terpantau 11 titik panas di Aceh,” ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang, Aceh, Zakaria Ahmad di Aceh Besar, Kamis.
Menurutnya, ke-11 titik panas ini memiliki lokasi sebaran berada di lima kabupaten/kota dengan mayoritas terkosentrasi di wilayah Barat-Selatan di Aceh merupakan titik yang terpantau kemarin atau Rabu, (6/6) sore.
Terdapat delapan titik panas diantaranya terdeteksi di Aceh Selatan dengan wilayah penyebaran pada dua kecamatan, yakni Bakongan ada empat titik, dan Trumon terpantau dua titik.
Lalu dua titik panas diantaranya di Bireuen yang terkosentrasi di satu kecamatan, yakni Peudada. Tiga titik panas sisanya dengan masing-masing satu titik terdeteksi di Aceh Jaya, Pidie Jaya, dan Subulussalam.

“Penyebaran ketiga titik panas terdapat di tiga kecamatan, yakni Bandar Dua di Pidie Jaya, Jaya di Aceh Jaya, dan Rundeng di Subulussalam,” terang dia.
Ia mengatakan, belasan titik panas yang terdeteksi ini memiliki tingkat kepercayaan di atas 50 persen, dan terdapat delapan titik diantaranya patut di duga sebagai titik api akibat kebakaran lahan dan hutan.
“Ada enam titik di Aceh Selatan dengan tingkat kepercayaan 71 persen di Trumon, dan 89 persen di Bakongan. Dua titik di Bireuen miliki tingkat kepercayaan 77 persen di Peudada,” kata Zakaria.
Kemarin dilaporkan, kebakaran lahan bergambut terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Barat, Aceh, sejak awal pekan ini, semakin meluas akibat dipicu cuaca terik memasuki musim kemarau dalam beberapa hari terakhir.
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Aceh Barat, Marzuki, mengatakan, pihaknya belum bisa menyampaikan data akurat terkait luasan hektare lahan gambut terbakar dan pesebaran titik api.
“Saya masih di perjalanan, tim BPBD pastinya sudah dikerahkan meninjau lokasi untuk melakukan pemadaman kebakaran lahan dan cara-cara penanganan,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + eighteen =