Ratusan Massa Dipukul Mundur Polisi

Banyuasin,  terasnews.id  – Ratusan Massa yang tidak terima hasil pemilu menerobos masuk Mapolres Banyuasin dan nyaris bentrok dengan polisi,  tapi berkat kesiagapan petugas, massa yang sudah beringas berhasil dipukul mundur dengan menggunakan water cannon.

Jangan salah dahulu,  apa yang terjadi ini bukan sesungguhnya melainkan

skenario bagian dari latihan simulasi Sispamkota pengamanan menjelang pemilihan umum (pemilu) 2019, di Mapolres Banyuasin, Rabu (13/3/2019).

“Jadi acara pelatihan ini merupakan rangkaian kesiapan kita menghadapi pemilu nanti agar pesta demokrasi Pilpres dan Pileg berjalan aman,  tertib dan kondusif, ” kata Kapolres Banyuasin AKBP Yudi Surya Markus Pinem, S.Ik melalui Waka Polres Banyuasin  Kompol M  Hadi Wijaya didampingi Kabag Ops Polres Banyuasin,  MP Nasution dan Kasat Intelkam Polres Banyuasin AKP Tatang Yulianto di Ruangan Waka Polres Banyuasin.

Skenario pengamanan adalah ketika terjadi keributan saat massa pendukung salah satu calon tidak terima dengan keputusan sidang sengketa hasil pemilu katena calonnya ditolak MK.

“Simulasinya ada sidang, massa ini tidak terima  hasil keputusan sidang  akhirnya massa mendesak, eskalasi meningkat, makan semua pasukan kita arahkam ke sana,” terangnya.

Lanjut waka,  ada tiga tingkatan kondisi skenario yang menentukan pengamanan, yaitu

aman, agak rawan dan rawa.

“Ditahap awal, akan diusahakan melakukan negosiasi oleh para polwan. Jika situasi mulai memanas, maka satuan Samapta Bhayangkara (Shabara) akan diturunkan,”tegasnya.(yan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − eight =