Rakornas Damkar Bahas Kesejahteraan Personel

Ambon, terasnews.id  – Rapat Koordinasi Nasional Pemadam Kebakaran (Rakornas Damkar) di Ambon, Rabu, membahas mengenai kesejahteraan personel sesuai kebutuhan dan beban kerja serta kejelasan jabatan fungsional.
“Pertama kesejahteraan, pendapatan, dilihat status PNS yang masih kontrak, lalu jabatan fungsional salah satu cara mengakui profesionalitas damkar,” ujar Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon Edwin Pattikawa.
Menurut dia, pendapatan untuk petugas damkar yang jelas harus diterapkan, misalnya, yang telah diterapkannya di Ambon dengan pemberian gaji sebanyak tiga kali dalam sebulan sejak 2015.
Kesejahteraan petugas damkar, kata Edwin, sangat bergantung pada kepedulian dan kemauan pemerintah daerah.

Rakornas yang dihadiri oleh seluruh petugas damkar se-Indonesia, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota itu juga membahas mengenai penguatan peran damkar.
“Penguatan peran damkar agar lebih nyata di tengah-tengah masyarakat di Indonesia,” tutur Edwin.
Edwin mengatakan rakornas juga akan membahas mengenai tempat pelaksanaan perayaan HUT Damkar ke-100 pada tahun depan agar persiapannya lebih matang dan tidak terburu-buru.
Dalam rangkaian HUT Pemadam Kebakaran ke-99 ini sebelumnya digelar kompetisi kesiapsiagaan petugas damkar pada 26-27 Februari 2018 di Ambon.
Mendagri Tjahjo Kumolo dijadwalkan hadir dalam peringatan HUT Pemadam Kebakaran ke-99 di Ambon pada 1 Maret 2018.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + one =