PWI Bentuk Satgas Untuk Mengantisifasi Kecurangan Pemilu

Muba, terasnews.id – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Herlin Koisasi SH, memutuskan dan membentuk Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (Mappilu), dan akan bekoordinasi dengan pihak Bawaslu, KPU, Polres dan Kesbangpol di Musi Banyuasin.

Sementara pembentukan Satgas untuk mengantisifasi kecurangan pemilu itu, bertujuan menjaga dan mengawal Pemilu serentak 2019, agar berjalan sesuai dengan aturan, jujur, adil dan tanpa adanya kecurangan. Sesuai amanat dalam Undang-Undang No. 7 tahun 2017 tentang pengawasan Pemilu

“Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam menciptakan demokrasi yang jujur dan adil, tidak perlu merasa khawatir dan takut. Temuan bisa dilaporkan kepada awak media. Saya juga mengimbau kepada masyarakat agar bisa bekersama dan melaporkan ke Mappilu-PWI jika ditemukan kecurangan kecurangan yang terjadi, kalau memang benar ada indikasi kecurangan kita akan tindaklanjuti,”Demikian dikatakan Herlin Koisasi SH, saat menggelar rapat Internal digedung PWI Muba Jumat (12/4/2019).

Sebagai penanggungjawab  MAPPILU , Herlin juga menjelaskan, bahwa tugas dari MAPPILU PWI ini selain memantau secara langsung kelapangan juga menerima laporan adanya indikasi kecurangan. Baik dilakukan caleg DPRD, DPR Provinsi, DPR-RI, DPD Capres maupun timses.

“Dengan dibentuknya MAPPILU, masyarakat yang ingin melaporkan adanya temuan atau kecurangan pemilu, dapat langsung menghubungi Satgas, atau datang langsung ke Kantor Mappilu-PWI Muba. Kita lakukan kemudahan kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi aktif dalam proses pemilu jurdil dan luber. “Ujarnya.

Herlin juga menegaskan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk menciptakan demokrasi yang jujur dan adil, tidak perlu merasa khawatir dan takut.

“Cukup dengan mengambil data atau barang bukti (bb), misalnya money politik, photo-video, rekaman, sembako dan lain-lain. Temuan bisa dilaporkan kepada awak media,” Pungkasnya. (Rafik Elyas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =