PWI Banten : Pekerja Wartawan Harus Miliki Standar Kompetensi

      Lebak, terasnews.id – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten, Cedin Rosyad Nurdin mengatakan momentum Hari pers Nasional (HPN) wartawan harus memiliki standar kompetensi guna melahirkan berita-berita yang berkualitas dan berbobot untuk mendukung percepatan pembangunan nasional.
“Kita berharap ke depan semua wartawan wajib memiliki kompetensi,” kata Cedin saat dihubungi di Lebak, Minggu.
Kompetensi wartawan tentu harus dimiliki oleh seorang jurnalis agar mereka bekerja profesional sesuai bidang profesinya.
Organisasi pers antara lain PWI, IJTV dan AJI  menyepakati  bahwa wartawan wajib memiliki kompetensi.
Para wartawan juga harus menjadi salah satu anggota organisasi pers, karena mereka akan mengikuti pendidikan dan uji kompetensi yang dilaksanakan di masing-masing organisasi pers itu.
Tujuan kompetensi sudah dirumuskan untuk meningkatkan kualitas  dan profesionalitas  wartawan juga menjadi acuan  sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers.
Penegakkan kemerdekaan pers berdasarkan  kepentingan publik dan menghindari penyalahgunaan profesi wartawan.
Disamping itu juga menempatkan wartawan pada kedudukan  strategis dalam industri pers.
“Saya kira rumusan ini  merupakan hal yang mendasar dan dikuasai oleh seorang wartawan,” katanya.
Menurut dia, wartawan yang profesonal dipastikan setiap bekerja memiliki agenda tersendiri untuk mengangkat topik pemberitaan yang berkembang di masyarakat.
Pemberitaan yang diangkat wartawan itu tentu mengandung unsur semangat optimisme, mendidik, menghibur,pembangunan karakter dan nasionalisme cinta NKRI.
Sebab, pemberitaan media itu harus memiliki nilai dampak untuk kepentingan masyarakat luas.
Karena itu, wartawan harus memiliki pengetahuan menyangkut teori  dan prinsip jurnalistik, baik pengetahuan umum maupun khusus.
Selain itu juga ketrampilan mulai dari mencari, memperoleh, memiliki, mengolah hingga  menyampaikan informasi  serta melakukan investigasi.
“Kami yakin jika wartawan memiliki kompetensi akan menyajikan informasi-informasi  yang bermanfaat dan tidak menyebarluaskan berita bunuh diri, cabul dan perselingkuhan,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 3 =