Puncak Mudik Terminal Kampung Rambutan Minggu-Selasa

Jakarta, terasnews.id – Puncak arus mudik di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, diprediksi akan terjadi pada Minggu (10/6) atau H-5 hingga Selasa (12/6) atau H-3 Idul Fitri 1439 H/Lebaran 2018.
“Kalau prediksi jumlah penumpang baiknya kita tunggu sampai hari H Lebaran, nanti di situ baru ketahuan mana yang paling tinggi. Prediksi kami mungkin antara H-5 sampai H-3,” kata Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral August di Jakarta, Sabtu.
Menurut Emiral, sejak H-8 (Kamis, 7/6) dan H-7 (Jumat,8/6) telah terjadi peningkatan jumlah penumpang yang signifikan dibandingkan hari-hari biasa.
Jika pada hari biasa jumlah penumpang berkisar antara 3.000 hingga 3.500 orang yang berangkat dari terminal itu, maka pada H-7 jumlahnya melonjak menjadi 8.744 penumpang.
Emiral menjelaskan, prediksi puncak arus mudik juga dilihat berdasarkan tren puncak arus balik sejak dua tahun lalu di mana pada 2016 puncak arus mudik terjadi pada H-4 dengan 13.900 penumpang.
“Sedangkan pada 2017, puncak arus mudik bergeser ke H-3 dengan 17.465 penumpang yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan. Peningkatannya sampai lima kali lipat,” katanya.

Hingga Sabtu siang atau H-6 Idul Fitri 1439 H/Lebaran 2018, jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan mencapai 6.755 orang dengan 238 bus.
Terminal Kampung Rambutan memfasilitasi pemudik dengan sejumlah fasilitas seperti posko kesehatan yang beroperasi 24 jam, ruang laktasi yang bisa digunakan untuk ibu menyusui, juga penambahan anjungan tunai mandiri (ATM) di depan posko angkutan Lebaran.
Selain itu, terdapat posko terpadu yang diisi oleh satuan TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga Pramuka dan unsur masyarakat lainnya.
Posko pengecekan kesehatan pengemudi, posko Badan Narkotika Nasional Provinsi DKI Jakarta dan pos “ramp check” untuk menguji kelaikan kendaraan juga tersedia.
Berdasarkan pantauan Antara di Terminal Kampung Rambutan, kepadatan penumpang mulai terlihat di terminal bus itu.
Pemudik berbagai tujuan mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, Banten dan Jawa Timur mulai berdatangan dan menuju sejumlah bus. Sementara lainnya duduk menunggu di ruang tunggu dan tenda tambahan yang disediakan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − three =