Puluhan Monyet Muncul Di Jalinsum Mukomuko

Mukomuko terasnews.id – Puluhan kawanan monyet jenis macaca fascicularis sejak setahun terakhir sering bermunculan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kecamatan Air Dikit, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sehingga menjadi objek wisata baru bagi pengendara mobil dan motor yang melintas di jalan nasional ini.

Puluhan kawanan monyet ini terlihat sering menunggu para pengendara mobil dan sepeda motor yang melintas di Jalan Lintas Sumatera daerah ini untuk membuang makanan kepada mereka.   Warga Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko Hartono saat balik usai cuti libur lebaran dari Kota Bengkulu ke daerah ini menyatakan keberadaan kawanan monyet di Jalinsum di Kecamatan Air Dikit menjadi daya tarik bagi pengendara mobil yang melintas.
Ia mengatakan, saat ini lokasi kawanan monyet ini bermunculan di sepanjang Jalinsum Kecamatan Air Dikit menjadi tempat pemberhentian para wisatawan baik dari dan luar daerah ini.
“Banyak wisatawan yang sedang libur lebaran tidak hanya mendatangi objek wisata pantai dan danau di daerah ini, tetapi juga berhenti kawasan monyet bermunculan di Jalinsum,” ujarnya.
Menurutnya, sayangnya lokasi yang menjadi tempat kawasan monyet bermunculan di Jalinsum daerah ini masih sangat alami dan belum tersentuh oleh pemerintah setempat melalui instansi terkait.
Camat Air Dikit Iskameri mengatakan tidak hanya libur lebaran saja pengendara mobil dan motor berhenti memberikan makan monyet di wilayah ini, termasuk pada hari biasa banyak warga yang datang ke lokasi ini.
Ia menilai,  keberadaan kawanan monyet yang bermunculan di Jalinsum di wilayah ini dapat menjadi potensi dan tujuan wisata di daerah ini apabila potensi ini dapat dikelola dengan baik.
Lebih lanjut, ia mengimbau, warga masyarakat di wilayah ini termasuk pengendara mobil dan sepeda motor yang berhenti di pinggir jalan untuk tidak menganggu lalu lintas dan jangan terlalu dekat dengan hewan tersebut
“Kami mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dengan keberadaan monyet tersebut.Termasuk jangan membuat macet karena parkir kendaraan di badan jalan,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 6 =