PT BBP Didemo Warga Muara Lawai

Lahat, terasnews.id – Lantaran melenceng dari perjanjian awal, membuat puluhan warga Desa Muaralawai Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat Kamis (11/4/2019) kemarin menggelar aksi demo kekantor PT Baguskuning Bima Persada (BBP).

Aksi protes warga ini, diwarnai dengan kedatangan orang nomor satu Pemimpin Provinsi Sumsel H.Herman Deru SH, yang hendak meresmikan Terminal Batubara.

Dihadapan Gubernur Sumsel, puluhan warga Desa Muaralawai ini menyampaikan, demo yang mereka dilakukan sebagai bentuk protes terhadap PT BBP.

“Awalnya, perusahaan ini berjanji kepada masyarakat, akan stokfile. Lalu, tiba tiba hendak loncing ternyata lokasi yang dimaksud dibangun untuk Terminal Batubara jalur Sungai dengan menggunakan Tongkang yang kapasitas bisa mencapai 50 – 10 Ton,” ungkap YD dalam aksinya, Kamis (11/4/2019).

Kades Muaralawai Johan menyampaikan, diri sangat setuju dan mendukung apa yang dimintak warganya. Karena, pihak perusahaan sudah melenceng dari perjanji awal.

“Pihak PT BBP berjanji akan membangun Stokfile. Namun, pada kenyataannya lokasi tersebut dijadikan Terminal Batubara jalur Sungai dengan menggunakan angkutan Tongkang dengan kapasitas ratusan ton,” kata Johan.

Info yang didapat dilapangan menyebutkan, aksi protes puluhan warga Desa Muaralawai Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat, karena pihak perusahaan tidak menepati janji awal dengan warga sekitar lokasi. Tercium juga, peresmian Terminal Batubara jalur Sungai ini, ditunda oleh Gubernur Sumsel lantaran PT BBP belum memiliki kantor termasuk izin dengan sekitar.

Sementara, Gubernur Sumsel H Herman Deru SH menegaskan, dirinya belum memberi restu atas pembangunan Terminal Batubara jalur Sungai PT BBP. Sebab, belum memiliki pembangunan kantor dan tidak mengantongi izin dari masyarakat sekitar lokasi.

“Saya mintak untuk pihak PT BBP agar ketika saya datang yang kedua kalinya agar pembangunan kantor segera dikerjakan, dan, terlebih lagi bisa mendapat izin dari masyarakat sekitar lokasi. Jadi, acara loucing hari ini belum sepenuhnya diresmikan. Terakhir, kegiatan Gubernur tetap melakukan uji coba melepas Tongkang yang berisi ratusan ton Batubara,” pungkas Deru.

Hadir dalam loucing PT BBP Gubernur Sumsel, Bupati Lahat, Bupati Muara Enim, Kapolres Lahat, Dandim 0405 Lahat, Kajari Lahat, Kapolsek Merapi Barat, Danramil Merapi Barat, Camat Merapi Timur, Kades Muara Lawai, Kadus, ormas, masyarakat Desa Muara Lawai. (Din)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 13 =