Presiden Menuju Bandung Demi Karnaval Kemerdekaan

Jakarta, Terasnews.id – Presiden Joko Widodo bertolak ke Kota Bandung untuk menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 sebagai puncak peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan RI.

Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu, sekitar pukul 11.15 WIB, untuk memulai kunjungan kerja ke Bandung demi menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017.

Presiden Joko Widodo akan turut berpartisipasi sebagai peserta karnaval dengan menaiki Kereta Pancasila yakni mobil hias hasil rancangan lima seniman Bandung yang menyiratkan makna budaya kerja dan gotong royong dalam laku budaya kebersamaan.

Peserta yang akan memeriahkan karnaval antara lain Drumband Changka Panorama Secapa TNI AD, Paskibraka Jawa Barat, Jember Fashion Carnival, Solo Batik Carnival, pemain enggrang Jack Obin, rombongan Atlet Senam Indah Kota Bandung, Rombongan Rebana Pondok Pesantren Nurul Iman, Barisan Jaka Tarub, Kuda Renggong Sumedang, Komunitas Cosplay Bandung, dan kerja sama masyarakat adat.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan sebagai kementerian yang menjadi tuan rumah karnaval ini sangat mengharapkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 terselenggara lancar.

“Karnaval kali ini merupakan pincak perayaan nasional HUT RI ke-72 di Indonesia. Pawai ini akan menampilkan ragam budaya khas tiap provinsi,” kata Arief.

Tiga karnaval terbaik Indonesia juga akan tampil, yakni Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon Flower Carnaval juga akan hadir bersama warga Bandung.

Diikuti ribuan peserta dan disaksikan langsung warga Bandung dan seluruh masyarakat Indonesia melalui siaran televisi dan media sosial, nama Bandung bisa semakin terangkat.

“Presiden akan menjadi endorser utama acara ini sekaligus semakin mempromosikan Kota Bandung dan sekitarnya sebagai destinasi wisata menarik. Ini saatnya destinasi wisata Bandung didorong dan dipromosikan,” kata Arief.

Bandung dipilih karena kota ini adalah salah satu kota kreatif dengan perkembangan komunitas terbanyak di Indonesia.

“Selain itu, dipilihnya Kota Bandung sebagai tuan rumah pelaksanaan karnaval, diharapkan akan semakin memperkuat posisi Bandung sebagai pusat industri kreatif dan destinasi karnaval berkelas dunia. Mari Berkarnaval, Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama, Salam Pesona Indonesia,” tutup Arief.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − three =