Pilkada NTT – Bawaslu Minta Aparat Jamin Keamanan Penyelenggara

     Kupang, terasnews.id – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jemris Fointuna meminta aparat keamanan untuk memberikan jaminan keamanan bagi para pengelenggara pemilu.
“Kami minta polisi segera menemukan pelaku pembakaran dan perusak penyelenggara pemilu di Kabupaten Rote Ndao dan Sumba Barat Daya. Aparat juga harus memberikan jaminan keamanan bagi penyelenggara pada semuaa tingkatan,” kata Jemris Fointuna kepada Antara di Kupang, Sabtu.
Dia mengemukakan hal itu berkaitan dengan aksi pembakaran terhadap mobil Ketua Panwas Kabupaten Rote Ndao dan perusakan rumah Ketua Panwas Kabupaten Sumba Barat pada Jumad (6/7) dini hari atau pascapleno penetapan calon bupati-wakil bupati terpilih.
Menurut dia, jaminan keamanan sangat diperlukan agar para penyelenggara pemilu dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara tanpa rasa takut.
Jemris Fointuna juga meminta semua elemen masyarakat daerah itu, untuk memberikan kepercayaan kepada penyelenggara untuk melaksanakan seluruh tahapan pilkada secara adil dan jujur.
Pada Jumad (6/7) dini, hari atau setelah pelaksanaan pleno rekapitulasi penghitungan suara pilkada yang berlangsung 4-5 Juli 2018, dua ketua panwas kabupaten diserang kelompok tidak dikenal.
Dalam penyerangan itu, dua unit mobil milik Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Rote Ndao, Tarsis Toumeluk, dibakar orang, dan rumah milik Ketua Panwaskab Sumba Barat Daya Dicky Dalli juga dirusak.
Dua unit mobil milik Ketua Panwaskab Rote Ndao itu adalah jenis Toyota Avanza yang hangus terbakar, sementara mobil pickup yang ikut dibakar tetapi tidak sampai hangus.
Jemris berharap, aparat penegak hukum segera menangkap para pelaku untuk diadili.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 8 =