Petugas Gemboskan Ban Sepeda Motor Parkir Liar

Yogyakarta, terasnews.id – Petugas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dan kepolisian setempat menggemboskan ban sepeda motor yang di parkir di lokasi larangan yaitu di Jalan Pasar Kembang tepatnya di depan pintu Stasiun Tugu sisi selatan.
żKami sudah pasang rambu larangan parkir di beberapa lokasi di sepanjang Jalan Pasar Kembang. Spanduk informasi terkait daerah larangan parkir juga sudah dipasang, tetapi masih ada saja warga yang memarkirkan kendaraannya di lokasi ini,ż kata Kepala Bidang Angkutan Jalan Pengendalian Operasi dan Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Sugeng Sanyoto di Yogyakarta, Jumat.
Menurut Sugeng, petugas terpaksa menggemboskan ban sepeda motor karena pemilik kendaraan tidak datang ke lokasi parkir untuk memindahkan kendaraannya meskipun sudah diberikan pengumuman melalui pengeras suara dari ruang reservasi tiket kereta api di Stasiun Tugu.
żAda sekitar 10 sepeda motor yang digemboskan,ż kata Sugeng yang berharap agar masyarakat menggunakan parkir resmi di dalam Stasiun Tugu alih-alih menggunakan bahu jalan.
Dinas Perhubungan, lanjut dia, belum akan memberikan sanksi yustisi terhadap masyarakat yang memarkirkan kendaraannya di lokasi larangan karena rambu larangan parkir baru dipasang sekitar satu pekan lalu.
Penindakan yustisi terhadap pelanggaran parkir di ruas jalan tersebut baru akan dilakukan satu bulan sejak rambu dipasang. żSaat ini, masih dalam tahap sosialisasi. Kepolisian pun sudah siap melakukan penilangan jika ditemukan ada kendaraan yang masih parkir di Jalan Pasar Kembang,ż katanya.

Keberadaan parkir kendaraan di sepanjang Jalan Pasar Kembang terutama di sekitar pintu masuk Stasiun Tugu, lanjut Sugeng, akan menghambat arus lalu lintas di ruas jalan tersebut.
Salah satu titik bangkitan parkir di ruas Jalan Pasar Kembang adalah keberadaan jasa logistik kereta api yang berada tepat di tepi Jalan Pasar Kembang.
żAkibatnya, banyak kendaraan yang parkir di tepi jalan untuk mengantar atau menerima paket. Jalan pun menjadi semakin padat karena lokasi jasa pengiriman logistik tepat di jalan yang menyempit,ż katanya.
Selain itu, keberadaan pintu masuk ke reservasi tiket kereta api yang masih bisa diakses oleh pejalan kaki juga menyebabkan banyak kendaraan yang parkir di sekitarnya.
żHarapan kami, layanan jasa logistik kereta api bisa dipindah ke dalam area stasiun, dan pintu masuk tersebut ditutup saja. Semuanya masuk dari satu pintu melalui parkir sisi barat stasiun,ż katanya.
Selama masa Angkutan Lebaran 2018, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta bersama Satuan Polisi Pamong Praja, Jogoboro atau pengamanan Malioboro membuka posko di sekitar Jalan Pasar Kembang untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta dilakukan penindakan tegas terhadap juru parkir liar dan masyarakat yang melanggar parkir di Jalan Pasar Kembang.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − two =