Pesanan Ikan Jangari Meningkat Harga Meroket

Cianjur, terasnews.id – Tingginya permintaan dan minimnya hasil panen ikan di Waduk Jangari, Kecamatan Mande, Cianjur, Jawa Barat, membuat harga ikan meroket dari Rp17 ribu perkilogram naik menjadi Rp28 ribu perkilogram.
“Harga ikan melonjak sejak beberapa pekan lalu, kenaikan terjadi karena kebutuhan ikan meningkat, sedangkan ketersediaan stok atau panen ikan terbatas akibat angka kematian ikan yang tinggi pascacuaca buruk,” kata Hendrawan Wakil ketua Kompepar Tirta Pesona Jangari, pada wartawan Rabu.
Dia menjelaskan, normalnya harga ikan mas dari Jangari berkisar diangka Rp 17 ribu perkilogram, namun sejak beberapa hari terakhir pesanan terus meningkat, sehingga harga ikan mencapai Rp 28 ribu perkilogram.
“Harga Rp 17 ribu dari petani, di pasaran bisa Rp 22 ribu sampai Rp 24 ribu perkilogram. melihat minimnya stok dan tingginya permintaan dipasaran bisa diatas Rp 32 ribu perkilogram,” katanya.

Pihaknya menampik adanya penurunan pemesanan karena isu yang berkembang ikan di Waduk Jangari beracun dan tidak layak konsumsi. Bahkan hingga saat ini, pemesanan dari dalam dan luar kota terus meningkat tajam, sehingga petani kewalahan memenuhi pesanan.
“Tidak berpengaruh adanya isu ikan Jangari beracun dan tidak layak konsumsi. Kami selalu menjaga kesehatan dan kualitas ikan yang dijual. Sampai hari ini, kualitas ikan Jangari masih layak konsumsi dan banyak diminati,” katanya.
Dia menuturkan, sejak satu pekan terakhir banyak tengkulak atau pedagang dari dalam dan luar kota yang datang langsung japung petani Jangari, untuk mendapatkan stok ikan yang akan mereka jual di sejumlah pasar.
Sedangkan terkait matinya tonan ikan beberapa waktu lalu karena upwelling, membuat produksi atau panen ikan belum normal, sehingga kemungkinan harga ikan akan tetap mahal hingga beberapa pekan ke depan.
“Panen raya ikan akan terjadi menjelang Ramadan kalau cuaca tidak buruk hingga mengakibatkan ikan mati lagi. Harapan kami cuaca buruk segera berakhir, sehingga panen kedepan dapat lebih baik dan harga ikan kembali normal,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 6 =