Penumpang Mulai Meningkat Di Pelabuhan Sampit

Sampit, terasnews.id  – Penumpang angkutan darat yang berangkat melalui Pelabuhan Sampit Ibu kota Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mulai meningkat pada H-8 Lebaran 2018.
Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sampit, Toto Sukarno di Sampit, Kamis mengatakan pada kebereangkatan hari ini terdapat 1.590 penumpang bertolak menggunakan KM Lauser tujuan Surabaya.
“KM Lauser hari ini mengangkut 1.590 penumpang, berangkat pukul 08.00 WIB tujuan Surabaya,” ucapnya.
Toto mengatakan, keberangkatan KM Lauser pada Kamis (7/6), merupakan kapal yang terbanyak mengangkut penumpang selama arus mudik lebaran 2018. Kapal milik PT Pelni tersebut mengangkut penumpang hampir 1.600 orang atau mendekati batas maksimal.
Arus mudik lebaran melalui terminal penumpang Sampit saat ini sudah meningkat dibanding hari-hari sebelumnya. Meskipun ada peningkatan, situasi embarkasi masih dalam aman dan nyaman.

Penumpang tidak terlalu berdesakan, karena banyak dari mereka yang tidak menumpuk di dalam terminal penumpang.
Toto mengatakan, penumpang datangnya tidak sekaligus, namun berangsur-angsur. Sehingga tidak terlalu berdesakan saat naik ke atas kapal.
KSOP memprediksi arus mudik lewat jalur laut tahun ini mengalami penurunan. Hal itu karena banyak masyarakat yang memilih jalur udara untuk pulang ke kampung halamannya.
Sehingga untuk arus mudik di 2018 ini, mereka meyakini penumpang akan terangkut semua. Apalagi tiga pelayaran yakni PT Pelni, DLU, dan Fajar Bahari banyak menyiapkan keberangkatan yakni 19 call.
“Meski prediksi kita jumlah pemudik melalui terminal penumpang Sampit, berkurang kita tetap melakukan antisipasi, yakni dengan menyiapkan keberangkatan kapal,” tegasnya.
Toto juga memastikan arus mudik lebaran 2018 melalui terminal penumpang Sampit berjalan lancar dan aman.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + seventeen =