Pemkot-DPRD Surabaya Konsultasi Pembayaran THR Ke Kemendagri

Surabaya, terasnews.id – Pemerintah Kota dan DPRD Kota Surabaya sepakat akan mengkonsultasikan sisa pembayaran gaji ke-14 atau tunjangan hari raya (THR) yang diterima pegawai negeri sipil (PNS) Pemkot Surabaya ke Kementerian Dalam Negeri usai Lebaran mendatang.
“Gaji ke-14 untuk PNS Pemkot Surabaya sudah dicairkan awal Juni 2018,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Kota Surabaya Yusron Sumartono usai mengikuti rapat bersama Badan Anggaran di DPRD Surabaya, Jumat.
Menurut dia,  gaji 13 dan gaji 14 sudah dianggarkan dalam APBD Surabaya 2018. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2018 bahwa gaji 14 berganti menjadi THR dengan beberapa komponen yang berbeda.
Hanya saja, lanjut dia, antara komponen gaji 14 dengan THR yang diterima PNS tidak sama. Jika selama ini gaji 14 komponennya sebatas gaji pokok saja, namun untuk THR komponennya lengkap meliputi gaji pokok, tunjangan penghasilan atau kinerja, tunjangan jabatan, tunjangan keluarga serta komponen lainnya.
“Masalahnya dalam Permendagri Nomor  33 Tahun 2017 nomenklatur hanya disebut gaji 13 dan gaji 14, bukan THR, sehingga floting anggaran ya sesuai untuk gaji 13 dan 14,” katanya.

Sebetulnya, lanjut dia, tidak ada masalah dengan pembayaran THR asalkan  dianggarkan terlebih dahulu dalam APBD. “Jadi kalau bicara THR harus satu paket, unsur THR itu apa saja?” ujarnya.
Yusron mengatakan kalau ingin menambah komponen dari gaji 14 agar substansinya sama dengan THR, maka pihaknya harus konsultasi terlebih dahulu ke Kemendagri.
“Kalau misalnya boleh, maka sisanya nanti akan diangarkan dalam PAK (perubahan anggaran keuangan). Saat ini belum bisa dianggarkan, kalau disuruh bayarkan, apa gak jadi masalah,” katanya.
Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji mengatakan bahwa persoalan THR bagi PNS di lingkungan Pemkot Surabaya tidak perlu dipolemikkan lagi.
“Habis Lebaran nanti kami akan konsultasikan ke Kemendagri. Toh tidak harus dibayarkan bulan ini. Bulan depan sisanya juga bisa,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 7 =