Pemkab Sangihe Bangun Rumah Sakit Rujukan Regional

     Sangihe, terasnews.id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara segera membangun rumah sakit rujukan regional sebagai bagian dari upaya meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat setempat.
“Pemkab Sangihe segera membangun rumah sakit tipe B sebagai rumah sakit rujukan regional,” kata Direktur Rumah Sakit Liunkendage Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe dr. Blessing Rompis  di Tahuna, Jumat.
Ia mengatakan lahan untuk pembangunan rumah sakit sudah disiapkan pemerintah daerah di lokasi yang berdekatan dengan rumah sakit yang ada sekarang ini.
“Pemerintah Kabupaten Sangihe sudah menyiapkan lahan sedangkan anggaran pembangunan disiapkan pemerintah pusat sebesar Rp17,4 miliar melalui Dana Alokasi Khusus,” kata dia.
Dia mengatakan rumah sakit yang dibangun menjadi rumah sakit rujukan untuk masyarakat di wilayah Kepulauan Talaud dan Sitaro, termasuk rumah sakit pratama Tabukan Utara.
“Rumah Sakit Liunkendage Tahuna akan dijadikan rumah sakit rujukan regional di wilayah Nusa Utara yang meliputi Kabupaten Talaud dan Sitaro, serta Sangihe,” kata dia.
Rumah sakit pratama di Kecamatan Tabukan Utara akan segera difungsikan untuk melayani masyarakat di Kecamatan Tabukan Utara serta Kecamatan Nusa Tabukan dan sekitarnya.
“Rumah sakit pratama Tabukan Utara segera difungsikan setelah fasilitas pendukungnya terpenuhi, termasuk tenaga medisnya,” kata dia.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 2 =