Pasca Lebaran, Bupati Supriono Sidak Pegawai

BANYUASIN,SUMSEL, terasnews.id – Bupati Banyuasin Ir. SA. Supriono, MM melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk melihat kesiapan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di beberapa dinas, badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin pasca cuti lebaran. Sidak dilakukan di beberapa Dinas seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Satuan Pol PP, Kamis (21/6/2018).

Ditegaskan Supriono, pegawai yang tidak masuk bekerja tanpa disertai keterangan jelas akan dikenakan sanksi administratif sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dalam kesempatan sidak, Bupati Supriono menyempatkan diri memasuki beberapa ruangan kantor dinas. Kesempatan tersebut tidak disia-siakan para pegawai untuk bersilaturahmi dan bersalaman dengan bupati.

Bupati menekankan, bagi pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan, akan diberi sanksi sesuai aturan yang berlaku. Hukuman itu bisa berupa teguran. “Kita butuh kinerjanya, evalusi akan ditingkatkan,” katanya.

Pada kesempatan itu juga, bupati melakukan penijauan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Bupati ingin memastikan pelayanan publik pembuatan KTP dan KK pasca cuti bersama tetap optimal meski di hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran.

Menurut Supriono, seluruh layanan perizinan sudah berjalan efektif di hari pertama setelah cuti bersama liburan. “(Layanan) perizinan efektif, pembuatan KTP dan KK sudah berjalan bahkan di hari-hari libur juga efektif karena ada yang piket. Kita memaksimalkan bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” kata dia.

Sementara diungkapkan Kepala BKPSDM, dari hasil sidak didapat keterangan sebanyak 7719 orang hadir dari jumlah keseluruhan PNS 7860 orang, atau 98,2 persen. Jumlah pegawai yang tidak hadir sebanyak 141 orang dengan rincian 21 sakit, izin 17, cuti 36, dinas luar 56, tugas belajar 2, dan tanpa keterangan 9 orang.

Lukman menambahkan, berdasarkan laporan absensi dari setiap OPD, pihaknya menyebutkan tingkat kehadiran pegawai di hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran cukup baik, namun masih ada beberapa pegawai yang masih cuti. Mereka beralasan karena ada keperluan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan.

Saat sidak, Bupati diidampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr. HM Senen Har, S.IP., M.Si., Asisten Administrasi Umum Drs. HM Yusuf, M.Si., Kepala Dinas Kominfo Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA., Kepala Satuan PolPP Dan PBK Drs. Anthony Liando, M.Si., Inspektur Kabupaten Banyuasin Subagio, Kepala BKPSDM Drs. Lukman. (Diskominfo/PKP/BIO)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 17 =