Panglima Kodam Tutup Kegiatan TMMD Kecamatan Pagun

Lahat , terasnews.id – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) selama satu bulan yang dimulai sejak 15 Oktober 2018 lalu, di Kecamatan Pagar Gunung (Pagun) dinilai sukses, dan Selasa (13/11/2018) kemarin, ditutup secara resmi oleh Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan S. IP. M. Hum.

Dalam TMMD itu, selain mengerjakan pembukaan akses jalan bagi para petani, juga membangun MCK, serta merenopasi rumah rumah warga yang tak layak huni di Kecamatan Pagar Agung, Kabupaten Lahat.

Dikeathui dalam pelaksanaan dilapangan, dikerjakan oleh Prajurit TNI, anggota Kepolisian, serta Pemkab Kabupaten Lahat, dan segenap komponen masyarakat telah bekerja keras guna mencapai sasaran pembangunan yang baik untuk mencapai pembangunan fisik maupun non fisik yang mencakup 50 desa yang ada dikecamatan Pagun.

Terlihat hadir dalam acara itu, Bupati Lahat Marwan Mansyur SH MM, Ketua DPRD Lahat Samarusin SH, Kajari Lahat Jaka Suparna SH, Waka Polres Lahat Kompol Budi Santoso, serta jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

Dalam kesempatan itu, Pangdam II Sriwijaya bersama rombongan juga meninjau program Keluarga Berencana (KB). Tidak hanya itu, warga kurang mampu juga menjadi perhatiannya dengan memberikan bantuan berupa bingkisan berisi sembako, dan juga menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba Volly antar desa.

“Di setiap kegiatan ini TMMD ini kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar dari prajurit dilapangan,” kata Pangdam.

Tidak itu saja, disampaikan Mayjen TNI Irwan S. IP. M. Hum kiranya masyarakat agar mempertahankan antara kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang telah dijalin selama kegiatan TMMD ini. Setidaknya, selama satu bulan lebih kurang dalam menyelesaikan Program TMMD ini dengan cara gotong royong sehingga tercapailah kesuksesan yang sangat baik dilapangan.

“Teruslah jalin kerjasama yang baik. Karena TNI milik masyarakat. Dengan kebersaman selama ini dapat meningkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli bangsa Indonesia. Peliharalah hasil-hasil dari program TMMD yang ke 103 ini dengan sebaik-baiknya,” pesan Pangdam II Sriwijaya dalam kata sambutannya, kemarin.

Sementara, Bupati Lahat Marwan Mansyur SH MM menegaskan, dengan telah rampungnya pengerjaan TMMD ini, agar kiranya masyarakat dapat menjaga dengan sebaik mungkin.

“Mulai akses jalan, untuk para petani MCK, juga kegiatan bedah rumah. Kegiatan yang berlangsung selama satu bulan ini, cukup baik dan sukses, kami dari Pemda Lahat sangat mengapresiasi Program TMMD tersebut, ” imbuhnya.

Marwan menyampaikan, masih banyak potensi masing masing desa yang ada di 24 Kecamatan, dalam Kabupaten Lahat yang akan terus dibangun guna untuk kesejahteraan masyarakat yang ada. Oleh sebab itu, pihak Pemerintahan Kabupaten (Pemda)  Lahat terus berusaha semaksimal mungkin.

“Setidaknya, dengan cara gotong royong atau saling bahu membahui akan mendapatkan penkerjaan yang sangat baik. Untuk program TMMD ini sendiri Pemda Lahat mengucurkan dana sebesar Rp.2 milyar sampai rampungnya program yang ada,” pungkas Marwan. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =