Palembang Kota Kembar dengan Houston

Jakarta, terasnews.id – Houston, yang merupakan.kota keempat terbesar di Amerika Serikat, tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Kota Palembang melalui program Sister City.

Nana Yuliana, Konsul Jenderal RI saat pertemuan dengan Wako Palembang, di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu(13/2) mengatakan, pihaknya tertarik untuk menjalin sister city dengan Palembang karena adanya kemiripan antara dua kota ini. Yakni sebagai kota energi dan olahraga. Dimana, Palembang memiliki stadion besar seperti Jakabaring Sport City.

“KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) memiliki  salah satu tugas dalam meningkatkan hubungan wilayah kerja dengan Houston. Dimana KJRI di Houston memiliki strategi antara lain promotion, people to people connectivity, dan Protection. Diharapkan dengan adanya Sister City ini dapat saling menguntungkan antara Palembang dengan Houston,” harapnya.

Nana menambahkan,  sister city adalah hubungan kerja sama jangka panjang, antara dua kota dalam dua negara yang berbeda melalui budaya, pendidikan, bisnis, dan teknis.

Houston, lanjut dia, merupakan kota terbesar keempat terbesar di Amerika Serikat dan kota Terbesar di Negara Bagian Texas. Houston sendiri merupakan daerah yang  terkenal sebagai Oil and Gas Beltway di Negara Bagian Texas.

“Selain minyak dan gas bumi Houston juga mempunyai keunggulan di bidang petrokimia, pertambangan, real estate, manufaktur, asuransi, keuangan, transportasi, konstruksi, pertanian, pariwisata, lingkungan hidup, perdagangan umum dan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Palembang, H Harnojoyo mengharapkan, dengan Sister City ini mampu menjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara Kota Palembang dengan Houston.

“Palembang punya potensi yang besar yang bisa dikerjasamakan dengan Houston. Seperti, pariwisata, kreasi kerajinan, tenaga SDM.dll. Kita harapkan, kerjasama ini akan makin mempererat hubungan Palembang-Houston,” harapnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Bappeda dan.Litbang Kota Palembang, Harrey Hadi. “Banyak potensi yang bisa.kita kerjasamakan. misalnya, pertukaran SDM, pembangunan budaya, pemasaran kerajinan UMKM dll. Insya Allah, nanti kerjasama sister ini akan.dimatangkan dalam Forum Sister City yang akan digelar di.Houston pada 17-19 Juli 2019 nanti,” paparnya. (aka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − ten =