Omba “Bekarang” Meriahkan Hari Krida Pertanian Jambi

Jambi, terasnews.id – Lomba “bekarang” meriahkan kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-46 tingkat Provinsi Jambi yang diikuti perwakilan daerah peserta dari sebelas kabupaten/kota di kawasan itu yang digelar di dekat lokasi pameran kegiatan itu di Muarabulian Kabupaten Batanghari.
“Lomba bekarang adalah lomba menangkap ikan menggunakan alat tradisional yang terbuat dari bambu dan rotan yang dinamakan sekrap,” kata Sopyan Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Batanghari Sopyan di Muarabulian, Jumat.
Namun pada lomba bekarang tersebut, peserta tidak menggunakan alat penangkap ikan, melainkan hanya menggunakan tangan kosong.
Peserta diberi waktu selama 30 menit untuk menangkap ikan. Bagi peserta yang mendapatkan ikan tercepat dan terberat berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai serta bibit ikan dari pihak penyelenggara.
Sopyan mengatakan Bekarang merupakan kegiatan tradisional turun temurun yang dilakukan masyarakat Batanghari pada jaman dahulu.
“Dengan kegiatan bekarang kita berharap generasi muda lebih mengenal tradisi masyarakat tempo dulu,” kata Sopyan.
Untuk perlombaan bekarang tersebut, panitia menyediakan lebih kurang 200 kg ikan dari berbagai ukuran dan jenis, yang disebar dan siap ditangkap oleh peserta. Jenis ikan yang dilepaskan di antaranya ikan patin, lele, dan ikan nila.
Selain lomba bekarang, terdapat lomba lainnya pada rangkaian peringatan HKP tersebut. Di antaranya lomba stand up komedi petani dan penyuluh, lomba asah terampil petani, lomba cerdas cermat penyuluh dan lomba cipta menu pangan B2SA.
Selain itu ada  lomba orasi petani dan penyuluh, lomba identifikasi bibit tanaman hutan, lomba menebak pangan asal hewan, lomba cita rasa jenis kopi, lomba membedakan jenis kelamin lele, lomba tangkap belut, lomba tarik tambang dan lomba lari karung.
Kegiatan Hari Krida Pertanian ke-46 tingkat Provinsi Jambi dipusatkan di Kabupaten Batanghari. Pada kegiatan itu digelar pula pameran teknologi pertanian yang dimotori oleh Badan Pengkajian Teknologi Pertanian serta berbagai kegiatan dan gebrakan sektor pertanian dari sebelas kabupaten/kota di Provinsi Jambi.
Pada kegiatan tersebut dipamerkan berbagai jenis tanaman sayur mayur, hortikultura yang menggunakan berbagai media tanam termasuk juga diperkenalkan teknologi pertanian organik dan hydroponik.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =