Nelayan Diingatkan Tak Lagi Gunakan Bom Ikan

Minahasa Tenggara, terasnews.id – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Minahasa Tenggara Vecky Monigir mengingatkan para nelayan agar tidak lagi menggunakan bom untuk menangkap ikan
“Saya ingatkan kembali kepada para nelayan yang berada di pesisir pantai Minahasa Tenggara untuk tidak lagi menangkap ikan dengan bom,” kata Vecky di Ratahan, Sulawesi Utara, Sabtu.
Ia menuturkan penggunaan bom ikan masih sering terjadi dan merupakan perilaku sangat merusak kehidupan biota laut.
“Penggunaan bom ini sangat-sangat merusak. Perlu waktu sangat lama untuk mengembalikan kehidupan biota laut yang dirusak karena bom,” ujarnya.

Dia mengungkapkan pihak pemerintah kabupaten tidak akan menoleransi jika ada nelayan yang masih menggunakan bom untuk menangkap ikan.
“Kalau kedapatan masih ada yang menggunakan bom maka saya minta masyarakat langsung melaporkan ke pihak kepolisian untuk diproses hukum,” katanya.
Pemerhati lingkungan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Mario Lontaan mengaku kesadaran para nelayan untuk tidak menggunakan bom untuk menangkap ikan masih kurang.
“Memang kesadaran dari para nelayan ini masih sangat kurang. Sehingga dalam praktiknya masih ada yang menggunakan, dan dampaknya kerusakan biota laut,” ujarnya.
Dia mengungkapkan perlu ada pendekatan persuasif kepada para nelayan sehingga mulai meninggalkan cara penangkapan ikan dengan tidak merusak biota laut.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 4 =