Minin Sosialisasi Kinerja KPU Dikeluhkan*

LAHAT , terasnews.id – Lantaran diduga minimnya sosialisasi untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilukada (Pemimihan Umum Kepala) Daerah tanggal 27 Juni 2018 mendatang oleh pihak KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Lahat disoal oleh masyarakat.

 

Dalam debat pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati Lahat warga menilai kinerja KPUD tidak maksimal sehingga pihak terkait khususnya KPUD Provinsi Sumsel dan RI harus dapat melakukan evaluasi mengingat masih ada tahapan Pileg DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi danRI, serta DPD dan Pilpres tahun 2019 yang harus disukseskan.

 

“Kami sangat gerah akan kinerja KPUD Lahat karena terkesan tidak transparan, yang ditakutkan pesta Demokrasi yang ditarget berjalan sukses akan meleset dan ini yang tidak diinginkan oleh masyarakat kabupaten Lahat yang telah merindukan perubahan,” ujar koordinator aksi Pemuda Pancasila Lahat. Rabu (20/6/2018), kemarin.

 

Selain itu, Pemuda Pancasila juga menyoroti adanya indikasi tidak netral KPU Lahat. Sebab, KPU Lahat dituding telah berpihak kepada salah satu pasangan calon karenanya hal ini akan menjadi potensi sengketa bila ditemukan masalah. Untuk itu sangay diharap kan agar lembaga diatas nya dapat segera melakukan evaluasi sebelum tahanpan Pemilu 2019 ditetap kan DPT (Daftat Pemilih Tetap).

 

“Jangan perna berpikir kalian (KPU Lahat) bisa bermanuver. Kami mendapati KPU Lahat sudah tidak netral sebagai penyelenggara pemilu,”Dugaan tidak transparan terhadap penggunaan dana pilkada juga disematkan kepada KPU Lahat. Seperti debat kandidat yang berlangsung di Balroom Hotel Grand Zuri, Rabu malam (20/6/2018). Biaya yang mencapai angka sekitar Rp 920 juta, seharusnya penyelenggaranya harus melalui tender. Bukan hanya sekedar penunjukan,” imbuhnya.

 

Ketua KPU Lahat, Samsurizal Nusir menuturkan, KPU Lahat jelas ada keberpihakan. Namun berpihak dengan seluruh kepentingan masyarakat, kepentingan pemilihan, dan keamanan. Kalaupun ada kondisi politik, itu untuk menjaga dan mensukseskan jalannya pilkada.

 

“Silakan dibuka, jika memang terbukti kebenarannya. untuk sosialisasi kami juga sudah masuk ketiap sekolah di Kota Lahat, mengajak pemilih pemula. Untuk penyiaran debat kandidat kita pilih TV Nasional TVRI, yang sesuai dengan anggaran,” tuturnya lugas. (Din)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =