Miniatur “Ikan Todak” Raksasa Meriakan Pawai MTQ

     Bengkalis, terasnews.id –  Miniatur “Ikan Todak” raksasa atau ikan Merlin pukau ribuan pasang mata para peserta pawai taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-42 Tingkat Kabupaten Bengkalis yang digelar di Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau, Minggu.
“Berbeda, biasanya kalau MTQ miniaturnya Masjid atau Al Quran, tapi ini berbeda, banyak yang kagum dengan hasil karya kecamatan rupat ini,” kata peserta pawai, Romadan utusan dari kecamatan Bengkalis.
Dia mengatakan semua mata terpukau melihat pemandangan ikan dan udang raksasa tersebut.
Ikan todak raksasa tersebut merupakan miniatur Mobil Hias kecamatan Rupat Utara, dan pemandangan ikan itu merupakan sesuatu yang beda dari pelaksanaan MTQ sebelumnya, dimana biasanya mobil hias sempena MTQ berupa miniatur masjid dan Al Quran.
Berada pada urutan nomor empat, barisan rombongan yang dipimpin langsung oleh Camat Rupat Utara, Agus Syofian ini mengenakan pakaian yang didominasi dengan warna merah maron, pada barisan pertama, barisan drumband, rombongan aparatur pemerintah kecamatan dan desa Rupat Utara dan pada kesempatan itu, kafi lah yang memiliki keindahan pantai berpasir putih ini menyerahkan cenderamata berupa keris kepada Bupati Bengkalis Amril Mukminin, yang diserahkan langsung oleh Camat Rupat Utara.
Selain menampilkan miniatur ikan Todak, juga ada udang raksasa, Rupat Utara yang terkenal dengan keanekaragaman suku dan budaya itu juga menampilkan barongsai yang menjadi ciri khas budaya etnis Tionghoa.
Sedangkan kecamatan Rupat, pada pawai taaruf MTQ ke-42 Tingkat Kabupaten Bengkalis menampilkan miniatur masjid yang melambangkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Kecamatan yang dinakhodai Hanafi ini mengusung motto “Jadikan Budaya Maghrib Mengaji Sebagai Kebutuhan.”.
Kecamatan yang memiliki empat kelurahan dan 12 desa ini, membawa rombongan penggembira pada pawai taaruf sebanyak 1.500  orang. Terdiri dari aparatur dari UPT beserta isteri, pengurus dan anggota LAMR se-Kecamatan Rupat, lurah, kepala desa, RT, RW dan kepala dan majelis guru beserta siswa, serta grup rebana dan kompang dari desa se-kecamatan Rupat Pada ajang MTQ yang mulai dibuka malam ini.
Pawai taaruf MTQ ke-42 Tingkat Kabupaten Bengkalis ini dilepaskan langsung oleh Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, dan diikuti sebanyak 11 kecamatan se Kabupaten Bengkalis.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =