Mahyudin Motivasi Mahasiswa Berdaya Juang Tinggi

Samarinda, terasnews.id – Wakil Ketua MPR RI Mahyudin memotivasi mahasiswa agar memiliki daya juang tinggi untuk menghadapi tantangan yang semakin berat ke depan.
Tampil sebagai pembicara dalam Roadshow Seminar Motivasi Kami Indonesia di Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu, Mahyudin mengatakan tidak ada muncul orang besar tanpa tempaan  dan cobaan serta ujian dalam hidupnya.
“Kalian akan bisa tumbuh menjadi besar dan sukses, tapi  ada proses yang harus dilalui dengan semangat, daya juang tinggi, dan motivasi tinggi dalam hidup,” ujarnya.
Seminar yang diikuti sekitar seribu mahasiswa itu juga menampilkan pembicara  CEO Kami Indonesia yang juga anggota DPD RI Muhammad Asri Anas, mantan Ketua KPK Abraham Samad, Tubagus Dedy Gumelar (Miing), dan Wakil Rektor III Unmul Dr Encik Ahmad Syaifuddin.
Menurut mantan Bupati Kutai Timur itu, tersedianya berbagai fasilitas dan dukungan pendidikan yang luar biasa lengkap serta teknologi informasi yang sangat canggih membuat peluang generasi sekarang untuk menjadi hebat lebih besar dibandingkan dengan generasi terdahulu.

“Dulu saya untuk menempuh pendidikan sarjana saja sangat sulit terutama soal finansial. Sangat luar biasa tekanan dan tempaan yang saya alami dalam perjuangan saya dahulu.  Kalian di zaman modern sekarang semestinya harus lebih maju dan hebat daripada saya,” katanya.
Doktor ilmu pemerintahan ini juga mengingatkan mahasiswa agar memerhatikan serius Indonesia yang akan mengalami bonus demografi yang diperkirakan terjadi pada tahun 2030.
“Masalah besarnya adalah, apakah bonus demografi itu akan menjadi manfaat dan menjadi kekuatan besar bangsa ini atau malah menjadi beban bagi bangsa ini,” katanya.
Bonus demografi akan jadi masalah jika satu daerah penduduknya banyak, tetapi ekonominya tidak bagus sehingga aksi kriminalitas akan semakin banyak.
“Jika penduduknya banyak dengan ekonomi yang kuat maka akan menjadi kekuatan yang luar biasa.  Inilah yang harus dipersiapkan,” terangnya.
Oleh karena itu, ia mengingatkan para mahasiswa yang akan menghadapi era itu untuk mempersiapkan kualitas diri dengan menempuh pendidikan secara serius, rajin, serta berupaya keras untuk sukses.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + eight =