KPU Tanjungpinang: Duo Edy Harus Perbaiki Dukungan

Tanjungpinang, terasnews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau menyatakan bakal calon wali kota dan wakil wali kota dari jalur perseorangan, Edy Syafrani – Edy Susanto (Duo Edy) harus memperbaiki syarat dukungan.
Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria, di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan berdasarkan hasil rapat  pleno rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota tahun 2018, Duo Edy harus memperbaiki dukungan karena yang memenuhi persyaratan hanya 7.221 orang.
“Dari hasil verifikasi faktual, kami menemukan fakta bahwa jumlah dukungan hanya 7.221 orang, sementara syarat minimal 14.621 orang. Duo Edy harus segera memperbaikinya,” ujarnya.
Dalam rapat pleno KPU Tanjungpinang tersebut juga dihadiri Ketua Bawaslu Tanjungpinang Maryamah dan Edi Safrani-Edi Susanto. Rapat Pleno terbuka ini dilaksanakan untuk merekapitulasi hasil penghitungan dukungan bakal pasangan calon perseorangan pada dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang tahun 2018 yang akan langsung disampaikan oleh Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) masing-masing Kecamatan.
“Kami sudah bacakan hasil rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan yang telah dilakukan oleh PPK se-Kota Tanjungpinang,” ujarnya.
Masing-masing Ketua PPK menyampaikan hasil rekapitulasi nya yaitu dari Kecamatan Tanjungpinang Barat 2.430 orang memenuhi syarat, Kecamatan Tanjungpinang Kota 892 orang, Kecamatan Bukit Bestari 1.700 orang dan Kecamatan Tanjungpinang Timur 2.199 orang yang memenuhi syarat.
Menurut dia, PPS sudah melakukan sensus dengan mendatangi pendukung.Saat verifikasi faktual, ada warga yang mendukung dan ada juga tidak mendukung.
Bahkan ditemukan ada yang sudah meninggal dunia memberikan dukungan sehingga bagi yang sudah meninggal dunia, PPS mencoret dukungan.
Pada saat rekapitulasi di tingkat Kota, KPU Tanjungpinang mempersilakan bagi pasangan perseorangan untuk melakukan perbaikan dukungan dengan syarat mendatangi pendukung mereka ke lokasi pleno, tetapi sampai acara berlangsung, tim Duo Edy tidak melakukan perbaikan.
“Sesuai Pasal 24 PKPU Nomor 3 tahun 2017, pasangan perseorangan dapat melakukan perbaikan saat rekapitulasi di kota.Kita akan tunggu sampai pukul 24.00 malam kalau calon mendatangkan pendukung,” ujar Robby.
Robby mengemukakan dengan selesainya tahapan rekapitulasi di tingkat kota, maka KPU Tanjungpinang  mengumumkan pendaftaran pasangan calon pada 8-10 Januari 2018.
Bagi calon perseorangan, mereka harus melakukan perbaikan karena masih kurang dari jumlah minimum 14.621.
“Perbaikan dukungan dapat dilakukan 18-20 Januari.Setelah perbaikan, PPS akan kembali melakukan sensus di lapangan untuk mengecek dukungan tersebut,”kata Robby.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + six =