Kota Palembang Tawarkan Peluang Investasi ke Pengusaha India

Palembang terasnews.id – Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menawarkan peluang investasi di bidang pariwisata kepada pengusaha asal India karena pertumbuhan sektor ini sedang digenjot.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan akan membuka peluang seluas-luasnya untuk kerja sama ini karena sektor pariwisata memiliki dampak yang dapat menyejahterakan rakyat.

“Kami sangat membuka diri, Pemerintah Kota Palembang siap membantu dan mengawal, terkait peluang investasinya hingga perizinan,” kata Ratu Desa dalam pertemuan dengan delegasi perdagangan India yang dipimpin oleh Konsul Jenderal India, Raghu Gururaj di Palembang, Senin.

Ia mengatakan sebagai ibu kota provinsi, Kota Palembang memiliki potensi yang menjanjikan, apalagi kini sudah memiliki beragam infrastruktur penunjang.

Salah satu yang membanggakan yakni keberadaan jalur kereta api dalam kota yang membentang dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II hingga Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City.

Kota Palembang juga cukup dikenal karena kerap menjadi tuan rumah ajang olahraga skala internasional seperti SEA Games 2011 dan Asian Games 2018.

Sementara itu, Konsul Jenderal India Raghu Gururaj mengatakan kedatangan para pengusaha asal India ini ingin menjajaki peluang investasi di Palembang.

“Kami melihat sektor pariwisata cukup menjanjikan, saat ini warga kami juga sudah menjadikan Kota Palembang sebagai tujuan wisata. Padahal sebelumnya ke Kota Medan sebagai pilihan utama,” kata dia.

Ketertarikan warga India untuk berkunjung ke Palembang karena memiliki ikatan sejarah yang kuat karena Palembang diyakini sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya.

Sementara peluang lain, ia mengamati di sektor pendidikan berupa pertukaran pelajar dalam konteks beasiswa yang saling menguntungkan. “Saat ini banyak anak-anak muda kami yang berkuliah di Universitas Sriwijaya,” kata dia.

Kota Palembang terus menggenjot pertumbuhan sektor pariwisata dengan mengusung tagline destinasi wisata sungai pertama di Indonesia. Selain itu, kota ini juga memiliki keunggulan sebagai destinasi wisata olahraga.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × three =