Korsel Donasikan Korban Gempa Lombok Rp7,2 Miliar

   Jakarta, terasnews.id – Duta Besar Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia, Kim Chang-beom, Jumat, menyalurkan donasi sebesar 500 ribu dolar AS atau setara dengan Rp7,2 miliar untuk pemulihan Lombok pascagempa bumi berkekuatan 7 skala richter (SR).
“Saya mewakili Pemerintah Korea ingin menyampaikan bantuan dana darurat sebesar 500 ribu dolar AS kepada Palang Merah Indonesia untuk membantu rehabilitasi di daerah yang terkena gempa,” ujar Kim Chang-beom di Markas Pusat PMI Jakarta.
Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Duta Besar Kim Chang-beom kepada pelaksana harian Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Ginanjar Kartasasmita di Jakarta.
Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta atas nama rakyat Korea juga mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada para korban beserta keluarga mereka.
Ia mengatakan, Pemerintah Korea siap membantu Indonesia dalam membangun kembali wilayah-wilayah yang terdampak gempa.
“Orang-orang di Lombok yang terkena gempa sangat memerlukan bantuan dan saya rasa semua pihak ingin membantu mereka,” ujar dia.
Indonesia dan Korea adalah sahabat sejati. Sahabat sejati tidak akan meninggalkan sahabatnya dalam kesulitan, ia akan selalu menolongnyaa dalam masa-masa sulit, katanya.
Ia berharap, Lombok dapat segera pulih kembali dan bisa beraktivitas kembali seperti biasa.
Sementara itu, pelaksana harian Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Ginanjar Kartasasmita menyampaikan terima kasih atas bantuan pemerintah Korea Selatan bagi pemulihan Lombok pascagempa 7 SR.
“Bantuan Korea yang diterima PMI itu yang terbesar sampai saat ini. Kita akan gunakan bantuan itu dengan sebaik-baiknya,” kata dia.
PMI akan melakukan penilaian dampak bencana gempa bumi serta situasi di wilayah yang terkena bencana.
“Kita bersama – sama akan melakukan penilaian. Ke depan bagaimana kebutuhan untuk menunjang kehidupan, itu yang kita butuhkan,” ujar dia.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 6 =